Antar Atlet Juara PON XXI/2024 Aceh-Sumut, KONI Gorontalo Wujudkan ‘Gorontalo Emas’

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman sampaikan harapan kepada KONI Gorontalo masa bakti 2023-2027 agar mampu mengantar lebih banyak atlet meraih juara pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara. Dengan pengalaman pengurus, Ketum KONI Pusat yakin bahwa KONI Gorontalo mampu mewujudkan ‘Gorontalo Emas’.

Adapun ‘Gorontalo Emas’ adalah bagian dari tema pelantikan pengurus KONI Gorontalo. Adapun tema pelantikannya yaitu Sinergitas dan Optimalisasi Wujudkan Gorontalo Emas Pra PON dan PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

“Gorontalo emas terwujud dengan keberhasilan KONI Gorontalo mengantar atlet meraih juara, mendapatkan medali emas untuk provinsi,” kata Ketum KONI Pusat di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo tanggal 15 Juni 2023.

“Saya yakin dengan pengalaman yang dimiliki Ketum dan jajarannya, dengan konsentrasi ke cabang olahraga unggulan, yang biasa mendapat dua emas, di PON XXI/2024 Aceh-Sumut akan dapat lebih,” ujar Ketum KONI Pusat usai mengukuhkan dan melantik Ketum KONI Gorontalo, MN. H. Fikram AZ.Salilama, beserta jajaran.

Demi mencapai harapan tersebut, Ketum KONI Pusat berpesan agar Gorontalo fokus pada cabang olahraga unggulan. “Ketum KONI dan Gubernur Gorontalo perlu menekankan Kabupaten/Kota untuk turut membina cabang olahraga unggulan, sehingga ketika dikumpulkan di tingkat provinsi banyak atlet yang memang unggulan,” pesan Marciano.

Terkait prestasi atlet, Gorontalo memiliki atlet berprestasi. Pada SEA Games 2023 Kamboja, atlet Gorontalo mempersembahkan medali emas, perak dan perunggu. Zelki Ladada dari sepak takraw meraih medali emas dan perak. Perunggu diraih oleh atlet Taekwondo, Silvana Lamanda.

Sedangkan pada PON XX/2021 di Papua, Gorontalo meraih posisi ke-28 dari 34 provinsi dengan 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Terkait PON XXI/2024 Aceh-Sumut, Penjabat Gubernur Gorontalo Ir. Ismail Pakaya berpesan agar prestasi olahraga Gorontalo dapat meningkat. Dengan tambahan 4 KONI Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua, peringkat Gorontalo harus berada di atasnya.

Ia berpesan agar pegiat olahraga fokus mempersiapkan babak kualifikasi dan PON XXI/2024 Aceh-Sumut agar peringkat lebih baik. “Latihan saja dulu, masalah anggaran nanti kita selesaikan dengan KONI Provinsi,” katanya berencana akan mencari dukungan perusahaan daerah maupun perusahaan besar di Gorontalo untuk mendukung atlet.

Ismail mencanangkan memberikan apresiasi kepada atlet-atlet berprestasi yang berkarier sebagai ASN. Sambil memeriksa regulasi di BKN, Pj.Gubernur meminta surat keterangan atlet berprestasi dari KONI Pusat sebagai landasan.

Dukungan kepada atlet dan apresiasi untuk prestasi adalah permintaan Fikram saat memberikan sambutan.

Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *