Usai Dilantik Ketum KONI Pusat, PB.PSOI Diharapkan Antar Peselancar Indonesia Juara Olimpiade

Cabang olahraga (cabor) selancar ombak terbilang baru dipertandingkan pada Olimpiade, yakni pada Olimpiade Tokyo 2020 yang diselenggarakan pada 2021. Induk Cabornya, Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB.PSOI) menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI 2020.

Namun pada kali pertama selancar ombak dipertandingkan pada Olimpiade, peselancar Indonesia Rio Waida bertanding pada multievent akbar tersebut.

Pada Olimpiade yang akan datang, diharapkan selancar ombak mempersembahkan medali untuk Indonesia. “Untuk Olimpiade Paris ini, saya berharap kontribusi medali untuk Indonesia dari selancar ombak,” kata Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman pada hari Senin tanggal 19 Juni 2023.

“Untuk selancar ombak, kita yakin dan kita tunggu perolehan medalinya,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo yang hadir di Artotel Mangkuluhur.

Usai mengukuhkan dan melantik Ketum PB.PSOI masa bakti 2023-2027 Pandu Patria Sjahrir, Ketum KONI Pusat berpesan agar memaksimalkan potensi pantai-pantai terbaik di Indonesia dalam kaitannya dengan pengembangan Sport Tourism. Kemudian, di daerah yang pantai favorit, bukan hanya menjadi tuan rumah bagi peselancar dunia namun juga melahirkan atlet-atlet berprestasi dunia.

Pandu yang baru dilantik menyadari beratnya tugas yang harus dilaksanakan. “Tugas kita ke depan sangat berat untuk PSOI. Tugas kita satu sosialisasikan selancar di Indonesia. Di internasional sudah terkenal, di Nasional harus juga terkenal,” kata Pandu.

Selain itu, prioritasnya adalah memanfaatkan sebaik mungkin potensi beberapa pantai Indonesia yang terbaik di dunia. Ia ingin dukungan berbagai pihak untuk bangun infrastruktur penunjang di beberapa pantai terbaik Indonesia, mulai dari akses jalanan, akomodasi dan sebagainya.

Beberapa area potensial yang disebutkan seperti Krui Lampung dan Sumba. Pantai yang terbilang indah justru akses jalannya perlu ditingkatkan.

Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *