Wushu Indonesia Panen Medali pada FISU World University Games

Tim Nasional (Timnas) Wushu Indonesia mampu membanggakan bangsa dan negara melalui prestasi pada FISU World University Games yang berlangsung di Chengdu, Cina pada 3 Agustus 2023. Atlet-atlet Wushu meraih 4 medali emas dan 3 medali perak.

Pada kompetisi tersebut, cabang olahraga Wushu menjadi satu-satunya cabor yang menyumbang medali untuk Indonesia.

2 medali emas diraih oleh atlet taolu putri Nadhira Maurishka.

2 emas dipersembahkan atlet Sanda Indonesia yang melakukan Training Camp (TC) di Cina.

Total medali yang diraih oleh timnas Indonesia adalah 4 medali emas, dan 3 medali perak. dan 2 medali perak lainnya diraih oleh atlet senior putra Edgar. Atlet Sanda Indonesia dalam Training Camp (TC) di China menghasilkan 2 emas dan 1 perak.

Dalam pertandingan final kelas 52kg putri yang berlangsung di Chengbei Gymnasium Chengdu, Tharisa Dea Florentina berhasil mengalahkan Ruggieri MBV dari Perancis dengan Skor 2-0.

Medali emas lainnya dari sanda diraih Laksmana Pandu Pratama di kelas 52kg Putra pasca menang dari atlet asal Turki Mehmet Demirci dengan Skor 2-0.

Tiga medali perak yang diraih atlet-atlet Wushu Indonesia terdiri dari, 2 perak taolu putra oleh Edgar Xavier Marvelo dan 1 perak sanda putra kelas 60kg oleh Bintang Reindra Nada Guitara.

Atas prestasi tersebut, Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengucapkan selamat. “Saya mengucapkan selamat kepada atlet-atlet wushu Indonesia yang berhasil mengharumkan bangsa dan negara melalui prestasi yang membanggakan,” kata Ketum KONI Pusat.

“Terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para atlet, pelatih, ofisial dan juga Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB.WI) yang mampu mengantar atlet meraih juara. Jadikan ini motivasi untuk meraih prestasi pada ajang yang lebih tinggi,” sambungnya.

Adapun borongan prestasi kali ini menjadi catatan sejarah bagi wushu Indonesia. “Pencapaian yang luar biasa dari atlet dan pelatih Timnas Wushu Indonesia di The FISU World University Games 2021 Chengdu. Perolehan medali emas wushu ini membuka keran bagi Kontingen Indonesia yang sudah 12 tahun tidak meraih medali emas. Semoga prestasi ini bisa dipertahankan sampai ke Asian Games 2023 Hangzhou,” jelas Manajer Timnas Wushu Indonesia Iwan Kwok.

Dalam menyampaikan apresiasinya Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB.WI) Airlangga Hartarto meminta Timnas Wushu Indonesia untuk tidak larut dalam euforia.

“Saya apresiasi kesuksesan Timnas Wushu Indonesia menyumbangkan 4 medali emas dan 3 perak. Ini merupakan perolehan terbesar medali emas sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia. Dan, ini merupakan buah dari hasil pembinaan berjenjang dan berkesinambungan yang dilakukan PB.WI dalam upaya meningkatkan prestasi wushu Indonesia,” kata Airlangga Hartarto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *