Atlet Legenda Sumatera Utara Tampil di Upacara Pembukaan PON XXI

MEDAN – Sejumlah atlet legenda Sumatera Utara akan tampil pada Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut, di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumut, Senin (9/9) malam. Di antara atlet legenda itu, Syamsul Anwar Harahap (tinju) dan Iwan Karo Karo (sepakbola), akan tampil pada upacara pembukaan yang digelar penyelenggara PON XXI wilayah Sumatera Utara.

Menurut Ketua Bidang Media Humas Panitia Pengawas dan Pengarah PON XXI Aceh-Sumut wilayah Sumut, Raja Parlindungan Pane, upacara pembukaan PON 2024 di Lubuk Pakam itu akan diselaraskan dengan Upacara Pembukaan PON 2024 Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, yang dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi.


Upacara pembukaan di Lubuk Pakam itu, menurut Raja, akan didahului defile peserta yang diikuti para atlet dan ofisial kontingen peserta PON yang bertanding di wilayah Sumatera Utara. “Upacara berlangsung mulai pukul 20.30 akan disaksikan langsung sedikitnya enam ribu penonton di stadion,” tutur Raja.

Melengkapi penjelasan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Sumatera Utara, Ilyas Sitorus, menyatakan stadion Baharuddin Siregar itu dapat menampung enam ribu penonton. Mengantisipasi masyarakat yang sangat antusias menyaksikan upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut Dinas Kominfo Sumatera Utara mengerahkan mobile videotron di seputar stadion.

Dia jelaskan lebih jauh, upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut di Lubuk Pakam itu dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama berupa atraksi off air. Sesi kedua, diisi rangkaian atraksi penyulutan api PON ke koldron Stadion. Sesi ketiga, pengumuman peraih undian penonton langsung di stadion, dengan hadiah utama mobil, dan sejumlah hadiah lainnya.

Upacara pembukaan di Stadion Baharuddin Siregar diliput wartawan peliput PON XXI 2024 Aceh-Sumut di wilayah Sumatera Utara. Panitia Penyelenggara PON wilayah Sumut menyiapkan sejumlah bus untuk mengangkut para wartawan dari Media Center Utama di Medan ke Lubuk Pakam.

Selain itu, sambungnya, juga tersedia sejumlah shuttle bus atau bus pergi-pulang dari Media Center Utama ke tempat-tempat pertandingan. Tempat pertandingan berbagai abang olahraga di Wilayah Sumatera terdapat di berbagai lokasi. Ilyas berharap para wartawan peliput PON dapat memanfaatkan bus-bus tersebut agar dapat meliput PON XXI secara maksimal.

Ilyas juga berharap para wartawan dapat mewartakan pertandingan PON XXI dan berbagai kegiatan terkait lainnya ke seluruh Indonesia. Fasilitas bagi wartawan tersebut akan disediakan hingga Upacara Penutupan PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Utara Sumatera Utara, Deli Serdang, Medan, 20 September mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *