Dua Jempol untuk Media Center PON XXI/2024

MEDAN – Apresiasi dengan acungan dua jempol pantas diberikan kepada penyelenggara PON XXI/2024 Aceh-Sumut, khususnya terkait penyediaan media center utama di Banda Aceh dan Medan, serta media center penyangga di setiap lokasi pertandingan. Penghargaan ini tentunya juga diberikan kepada Kominfo yang bertanggung jawab atas pengadaan media center beserta perlengkapannya.

Media center utama, terutama yang berada di Medan, menempati satu ruangan besar di Hotel Santika, Medan. Diresmikan penggunaannya pada Sabtu (8/9) siang, media center ini menyediakan ruang kerja bagi wartawan peliput PON XXI, dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Di antaranya adalah ruang konferensi pers yang sangat rapi, dengan tata ruang yang bersih dan indah.

Di media center utama ini juga tersedia ruang kerja atau working area yang dilengkapi dengan meja, kursi, komputer, sambungan internet, Wi-Fi, mesin fotokopi, dan dua layar lebar. Dua layar lebar ini menayangkan berbagai pertandingan yang dilaksanakan di sejumlah tempat pertandingan di sepuluh kota dan kabupaten di Sumatera Utara.

Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo Sumatera Utara berharap wartawan peliput PON XXI dapat bekerja dengan baik, fokus, dan konsentrasi. Oleh karena itu, disediakan pula makan siang, makan malam, makanan kecil, serta minuman agar wartawan peliput PON XXI tidak perlu repot mencari restoran untuk makan dan minum, sehingga tetap bugar selama bertugas meliput PON XXI.

Sebagaimana ditegaskan Kepala Dinas Kominfo Sumatera Utara, Ilyas Sitorus, peran wartawan sangat diperlukan untuk menyebarluaskan berita kegembiraan dari PON XXI ke seluruh penjuru Tanah Air. Bahkan pada era kemajuan teknologi informasi saat ini, jangkauan media massa tidak lagi dibatasi seperti pada era media cetak.

Dengan internet, jangkauan media massa kini sudah melampaui batas-batas negara atau bersifat borderless. Berita maupun tayangan langsung pertandingan di arena PON XXI dapat disaksikan oleh siapa saja dari seluruh penjuru dunia.

Tidak berlebihan jika Ketua Bidang Komunikasi dan Humas, Pengawasan, dan Pengarah PON XXI/2024 wilayah Sumatera Utara, Raja Parlindungan Pane, menyebut media center di Medan ini setara dengan media center pada penyelenggaraan event multicabang olahraga internasional.

“Panitia penyelenggara PON XXI berkomitmen agar wartawan tetap dalam kondisi prima selama meliput pesta olahraga nasional empat tahunan ini. Di media center yang mampu menampung setidaknya 300 wartawan ini, juga disediakan kursi pijat dan hiburan bagi wartawan yang ingin melepas penat,” jelas Raja.

Ia juga memaparkan dukungan Dinas Perhubungan Sumatera Utara yang menyediakan shuttle bus untuk mengangkut wartawan dari media center ke tempat-tempat pertandingan dan sebaliknya. Tempat pertandingan di wilayah Sumatera tersebar di sepuluh kabupaten dan kota dengan jarak yang berjauhan.

Oleh karena itu, apresiasi juga layak diberikan kepada Dinas Perhubungan Sumatera Utara yang menyediakan shuttle bus untuk wartawan peliput PON XXI. Selain itu, Dinas Perhubungan Sumut juga menyediakan berbagai kendaraan untuk mempermudah pergerakan para atlet, ofisial, dan kontingen peserta mulai dari kedatangan di bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun, saat bertanding di berbagai wilayah Sumatera Utara, hingga kepulangan mereka. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *