Puspa Arumsari, Tiga Kali PON, Tiga Medali Emas

MEDAN – Jawara silat putri Kontingen Jakarta, Puspa Arumsari, tampil luar biasa dengan merebut medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut, di Medan, Jumat (13/9). Medali emas pada nomor seni putri yang diraihnya kali ini merupakan medali emas ketiga dalam tiga kali PON berturut-turut.

“Sebelum final, saya bertekad tampil sebaik mungkin dengan semangat bahwa medali emas harus menjadi milik saya,” tuturnya dalam konferensi pers di Medan, Jumat (13/9) sore.

Berbekal disiplin berlatih dan komitmen terhadap pekerjaannya, Puspa sangat percaya diri dengan kemampuannya. “Tekanan tentunya ada, karena lawan-lawan yang saya hadapi kebanyakan usianya lebih muda dan lebih bersemangat untuk mengalahkan saya. Namun, saya berpatokan pada pesan pelatih bahwa saya bisa dan saya berhak mendapatkan hasil terbaik,” kata pesilat yang juga pegawai di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Dia menambahkan bahwa pada detik-detik menjelang penampilannya di final, ia justru semakin tertantang. “Saya merasa harus tampil sebaik mungkin. Penonton pasti menantikan penampilan terbaik saya,” ujarnya mantap.

Sukses di arena PON kali ini menambah tekadnya untuk berprestasi lebih tinggi lagi. Puspa bertekad untuk merebut emas berikutnya di kejuaraan dunia pencak silat dan pesta olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games.

Sekretaris Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) DKI Jakarta, Wahyu Supriatna, yang hadir mendampingi Puspa, menyatakan kebanggaannya. Menurutnya, IPSI DKI Jakarta terus mendukung Puspa untuk berprestasi lebih baik lagi.

Kebanggaan yang sama juga dinyatakan oleh Muhammad Aziz Ariyanto, atasan Puspa di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Ia mengungkapkan bahwa Puspa juga merupakan hasil binaan Kantor Menpora melalui sekolah khusus olahraga. Puspa adalah lulusan SMA Ragunan, Jakarta, yang dikenal sebagai tempat membekali para atlet dengan pendidikan umum.

Menurut Aziz, Kantor Menpora berkomitmen untuk membina atlet potensial melalui pemusatan latihan bagi atlet-atlet elite muda di Cibubur, Jakarta. Atlet-atlet ini ditargetkan berprestasi di arena SEA Games, berlanjut ke Asian Games, dan Olimpiade. Selain itu, Kantor Menpora juga mengupayakan agar atlet-atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai kancah internasional dapat bekerja sebagai aparatur sipil negara di Kemenpora, jelas Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *