Jawa Barat Ambil Alih Pimpinan Daftar Perolehan Medali PON XXI dari Jakarta

MEDAN – Kontingen “Bumi Priangan” Jawa Barat mengambil alih pimpinan daftar pengumpul medali sementara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut dari kontingen Jakarta, Rabu (18/9) siang. Perolehan medali kontingen Jawa Barat bertambah menjadi 138 medali emas, 129 perak, dan 123 perunggu.

Kontingen Jakarta merosot ke urutan kedua yang sebelumnya ditempati kontingen Jawa Barat. Perolehan medali kontingen “Macan Kemayoran” Jakarta melambat ketimbang Selasa kemarin. Secara keseluruhan, Jakarta telah mengumpulkan 136 medali emas, 115 perak, dan 111 perunggu.

Posisi ketiga masih ditempati kontingen Jawa Timur yang pekan lalu sempat tiga hari berturut-turut memimpin di urutan teratas. Kontingen Arek-arek Jawa Timur telah meraih 107 medali emas, 109 perak, dan 113 perunggu. Perolehan medali kontingen Jawa Timur ini semakin tertinggal jauh di belakang Jakarta dan Jawa Barat.

Sementara itu, dua kontingen tuan rumah PON XXI/2024, Sumatera Utara dan Aceh, masih bertahan di urutan keempat dan kelima. Sumatera Utara membukukan 66 medali emas, 38 perak, dan 81 perunggu. Sedangkan Aceh meraih 52 medali emas, 39 perak, dan 47 perunggu.

Perburuan medali PON XXI/2024 masih tinggal dua hari lagi. Seluruh peserta PON XXI, 38 provinsi, sudah kebagian medali.

Persaingan perburuan medali PON XXI agaknya masih akan berlangsung sengit, terutama pada dua kelompok teratas daftar pengumpul medali, yaitu Jawa Barat dan Jakarta.

Hasil sementara PON XXI/2024 ini menunjukkan hasil pembinaan atlet-atlet olahraga prestasi pada masing-masing provinsi. Dominasi provinsi di Pulau Jawa masih belum dapat diambil alih oleh provinsi-provinsi lain di luar Pulau Jawa. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *