Shorinji Kempo Siap Berlaga di PON 2024, Target Tinggi untuk Prestasi Nasional dan Internasional

Ketua Umum Pengurus Besar Shorinji Kempo Indonesia (PB. Perkemi) Agus Setiadji hadir dalam konferensi pers di Media Center Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh, pada Selasa 17 September 2024.

Konferensi Pers kali ini membahas perkembangan terbaru persiapan Shorinji Kempo menuju pertandingan dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024.  Shorinji Kempo nantinya akan bertanding pada 17 hingga 20 September 2024.

Melibatkan 284 atlet yang terdiri dari 142 Kenshi Putra dan 142 Kenshi Putri, serta mempertandingkan 22 nomor pertandingan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ketua Umum KONI Pusat, saat ini kami sudah siap bertanding besok, kemarin juga kami sudah melakukan Technical Meeting (TM) dan timbang badan sebagai salah satu bentuk persiapan, pertandingan kali ini juga kami persiapkan menuju pertandingan berskala internasional yang akan diselenggarakan pada 2025 di Bali,” ujar Agus Setiadji.

Tiga Sensei asal Jepang juga turut dilibatkan guna meningkatkan kualitas pembinaan Kempo Indonesia, hingga saat ini Indonesia menjadi negara dengan jumlah Kenshi terbesar kedua setelah Jepang, Agus berharap adanya guru besar ini untuk meningkatkan prestasi pada PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024.

“Kami menarik guru besar asal Jepang ini dengan tujuan untuk menarik atlet luar negeri datang ke Indonesia, dan menjadi persiapan menuju kejuaraan dunia mahasiswa yang melibatkan 40 negara pada 2025 di Bali, dengan dukungan yang ada saya optimis Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang sukses,” kata Agus.

Turut hadir Ketua Pengurus Provinsi Aceh Islahuddin dalam konferensi pers kali ini, ia mengungkapkan bahwa Aceh telah mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk kesuksesan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024.

“Berbagai persiapan di venue sudah disiapkan dengan maksimal, kami berharap besok sudah bisa menggelar upacara pembukaan, tahun ini kami sangat bangga bisa mengirimkan 21 atlet, kami berharap pencapaian Aceh bisa lebih baik dari sebelumnya, karena pada PON Papua lalu kita hanya dapat 1 medali emas,” jelas Islahuddin.

Diketahui bahwa pada PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 Aceh mengirimkan 21 atlet dan mengikuto 18 dari 22 nomor pertandingan.

Pertandingan Kempo direncanakan akan digelar di Pidie, namun dikarenakan venue yang belum rampung pertandingan dialihkan ke GOR KONI Aceh.

“Awalnya kami merencanakan Shorinji Kempo digelar di Pidie, namun pembangunan gedung belum selesai tepat waktu dikarenakan satu dan lain hal oleh karenanya kami pindahkan ke GOR KONI Aceh,” ucap Ahyar sebagai perwakilan dari Panitia Besar (PB) PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024, yang juga hadir dalam konferensi pers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *