Dimas Ridho Suprihono Pecahkan Rekor PON Ski Air pada PON XXI Aceh-Sumut

Jakarta, 20 September 2024 – Setelah sempat menghadapi tantangan beberapa hari akibat sejumlah alasan, penyelenggaraan kompetisi Ski Air dan Wakeboard dalam PON XXI Aceh-Sumut di venue Sisingamangaraja Balige, Danau Toba, akhirnya selesai digelar dengan sukses. 

Selain sukses penyelenggaraan, Ski Air juga sukses secara prestasi karena adanya pemecahan rekor oleh atlet Dimas Ridho Suprihono dari Jakarta.

“Rekor terbaru pada nomor Waterski Tricks Putra berhasil diraih oleh Dimas Ridho Suprihono dari DKI Jakarta dengan skor 5.180 poin. Rekor sebelumnya, yang tercatat di PON XIX/2016 di Jabar, adalah 4.921 poin,” begitu penjelasan Febrianto Kadir, Chief Judge Ski Aiv PON XXI.

“Penilaian dilakukan dengan menghitung total poin dari setiap gerakan yang berhasil dieksekusi oleh atlet,” sambung Kadir.

Dimas sendiri memang talenta terbaik Indonesia pada cabang olahraga Ski Air, pada SEA Games 2015, ia meraih medali perak nomor Trick usai berlaga di Waduk Bedok Singapura pada 12 Juni. Kemudian pada SEA Games 2017, Dimas kembali mempersembahkan medali Perak. Dimas mengakui atlet tuan rumah berusia 9 tahun Adam Yoong Hanifah di Water Sport Complex, Putrajaya, Malaysia.

Hasil membanggakan ini merupakan prestasi bagi Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI), artinya pembinaan atlet berjalan dengan baik di daerah. Tampil sebagai juara umum Ski Air PON XXI adalah Jawa Timur dengan 7 emas, 2 perak dan 5 perunggu. Dimas yang telah memecahkan rekor, berhasil berkontribusi sehingga Jakarta menjadi juara kedua dengan 3 emas, 5 perak dan 2 perunggu. Riau tempati peringkat ketiga dengan 2 emas dan 3 perak.

Selain itu, penyelenggaraan pertandingan Ski Air juga berkontribusi bagi Sport Tourism, terbukti dengan animo pengunjung yang hadir. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *