Debut pada PON XXI Aceh-Sumut, Nella Agustin Cetak Rekor Nasional Atletik

Oleh: Syakir Putra Tradia / Tirto

Atlet Sumut, Nella Agustin berhasil membuat bangga provinsi yang dibelanya dan juga Indonesia berkat prestasinya. Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center di Deli Serdang menjadi saksi Nella meraih tiga medali emas atletik Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Ketiga emas yang dipersembahkannya antara lain dari nomor 200 meter putri dengan waktu 23,61 detik, nomor 400 meter gawang putri dengan waktu 58,3 detik dan nomor 4×400 meter mix bersama Siska Simamora, M Khairuddin, dan Ayyub Niti. Dua medali emas yang diraih juga disertai pemecahan rekor nasional yang membanggakan Indonesia. Otomatis rekor PON diraihnya juga.

Kala meraih emas nomor 200 meter putri pada 13 September 2024, Nella memecahkan rekor nasional yang sebelumnya atas nama dirinya sendiri dengan waktu 23,63 detik. Rekor terbaru lebih cepat 0,02 detik. Rekor PON sebelumnya atas nama Irene Truitje Joseph asal Maluku pada PON XV/2000 di Jawa Timur dengan waktu 23,98 detik.

Beberapa hari kemudian, 16 September 2024, Nella pecahkan rekor nasional dari nomor 400 meter gawang putri. Torehan Nella lebih cepat dari 1,14 detik dari rekor sebelumnya yang diraih tahun 2011. Pemilik rekor nasional sebelumnya adalah Viera Hetari dari Maluku. Sedangkan rekor PON pada nomor tersebut sebelumnya milik atlet NTB Maryati yang catatkan waktu 60,31 detik pada PON XVIII/2012 di Riau.

Usai memecahkan rekor kedua, Nella sampaikan tak pernah targetkan hal tersebut, melainkan hanya medali emas. “Alhamdulillah kembali bisa menyumbangkan emas untuk Sumatera Utara. Terima kasih kepada pelatih dan pengurus PASI dan KONI yang selama ini telah memberikan dukungan kepada saya,” ujarnya.

Hebatnya, tiga emas serta dua pemecahan rekor nasional diraihnya pada debutnya di PON. “Senang dan bangga atas pencapaiannya ini. Tak pernah terbayangkan, ini adalah PON pertama saya dan langsung dapat emas serta pecahkan rekor,” terang Nella pada 18 September 2024.

Kehadiran Nella menjadi keberhasilan PON XXI karena menemukan talenta terbaik Indonesia untuk mewakili pada single/multi event internasional. Nella termotivasi untuk mempersembahkan medali di kancah dunia.

“Saya ingin nanti bisa naik ke pertandingan internasional seperti SEA Games dan Asian Games. Semoga impian ini bisa terwujud, mohon doanya,” tekad atlet kelahiran 14 Agustus 2003 kepada tim media Kemenpora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *