Legenda Sepak Bola Rudy William Keltjes Meninggal Dunia

Masyarakat olahraga Indonesia, khususnya sepak bola dirundung duka dengan meninggalnya salah satu legenda Rudy William Keltjes. Ia menghembuskan nafas terakhir di Surabaya pukul 12:30 WIB tanggal 23 Oktober 2024.

Pria kelahiran Situbondo 12 Februari 1952, merupakan pemain sepak bola era 1970 hingga 1980-an. Ia sempat mengatar klubnya, Persebaya juara Perserikatan 1977 dan bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Ia juga menjadi bagian dari sejarah ketika memperkuat New International Amusement Center (NIAC) Mitra melawan Arsenal pada 16 Juni 1983 di Stadion Gelora 10 November, Surabaya. Ketika itu sekitar 30 ribu penonton menyaksikan NIAC Mitra 2-0 dari Arsenal melalui dua gol Fandi Ahmad (37′) dan Djoko Malis (85’).

Dengan prestasi itu, Rudy dipanggil memperkuat Timnas Indonesia. Ia sempat berlaga, membela Indonesia pada SEA Games 1979 dan 1983.

Pada 1987 Rudy pensiun dan memulai karier kepelatihan yang diawali jadi asisten M.Basri di Niac Mitra dan langsung juara Galatama 1988.

Atas meninggalnya Rudy, Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman sampaikan duka cita mendalam.

“Selaku Ketum KONI Pusat saya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam, semoga almarhum diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan,” Ucap Ketum KONI Pusat.


“Jasamu untuk olahraga Indonesia akan selalu kami kenang dan akan kami lanjutkan,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *