HUT PSSI ke-90, Soeratin Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tepat hari ini, 19 April pada 90 tahun lalu resmi berdiri. Periode selama 90 tahun pastinya bukan waktu yang sebentar.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya akan terus berusaha agar Soeratin Sosrosoegondo dianugerahi gelar pahlawan nasional.  Iriawan menyampaikan usulan tersebut dalam pidatonya menyambut HUT ke-90 yang jatuh pada hari ini, Minggu (19/4).

Dalam pidato tersebut, Iriawan mengajak seluruh pecinta sepak bola Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan, salah satunya adalah Soeratin Sosrosoegondo.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, Soeratin yang merupakan pendiri PSSI memiliki jasa besar terhadap sepak bola Indonesia.

“Segala hormat dan doa kita sampaikan kepada Allah SWT untuk para pahlawan sepak bola yang telah berpulang mendahului kita, terutama almarhum Soeratin Sosrosoegondo,” kata Iriawan seperti dikutip dari Kompas, Minggu (19/4).

“Kami akan terus berjuang, agar almarhum Bapak Soeratin bisa memperoleh anugerah sebagai pahlawan nasional, atas seluruh jasanya membuat sepak bola sebagai alat pemersatu bangsa di era pergerakan menuju kemerdekaan,” sambungnya.

Soeratin Sosrosoegondo merupakan ketua umum pertama PSSI pada masa-masa awal berdirinya organisasi tersebut. Pria kelahiran Yogyakarta, 17 Desember 1898 itu menjabat sebagai ketua umum PSSI selama 10 tahun, sejak 1930-1940.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *