Shopee Liga 1 2020 Akan seperti Liga di Eropa

Dengan jadwal rampung Februari 2021, lanjutan Shopee Liga 1 2020 bakal bergulir dari bulan Oktober 2020. Kompetisi akan berjalan lintas tahun seperti di Eropa.

“Iya lintas tahun, jadi nanti kami akan mengikuti (kompetisi) di Eropa. Rencananya kompetisi akan selesai pada Februari (2021). Berarti sekitar lima bulan, dari Oktober sampai Februari,” kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno.

PT LIB berencana juga akan menerapkan format kompetisi yang sama pada musim-musim selanjutnya. Namun, Khusus musim 2020 adalah kasus berbeda karena pandemi virus corona.

“Nanti konsekuensinya untuk kompetisi 2021 nanti menjadi 2021/2022. Tapi harus disahkan di Kongres PSSI karena kan musim kompetisinya amanat kongres itu. Jadi kalau misalnya lintas tahun, berarti kan harus melalui kongres juga” ujar Sudjarno.

“Regulasinya juga akan dibuat dan berbeda dibanding waktu normal. Apalagi kan misalnya paralel nih, kompetisi berjalan, timnas juga berjalan, kan gitu,” ucapnya.

Format kompetisi domestik di Asia lazim diselenggarakan dalam satu tahun. Hal itu tak terlepas dari kejuaraan antar klub Asia seperti Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC yang juga berlangsung dalam satu tahun di penanggalan kalender.

LCA dan Piala AFC biasanya sudah dimulai sejak Bulan Januari untuk babak kualifikasinya, dengan babak utamanya pada Bulan Februari.

Hanya Australia dari anggota AFC yang punya kompetisi domestik dengan format lintas tahun seperti di Eropa. Karena itu pula mereka punya cara yang berbeda dalam menentukan klub perwakilannya di LCA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *