HIGHLIGHT HARI INI

Formula 2 Austria: Sean Gelael Start dari Posisi 17

Pembalap Indonesia Sean Gelael bakal menghadapi tantangan berat pada balapan Formula 2 perdana musim 2020 di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sabtu malam, 4 Juli 2020, setelah harus mengawali balapan dari posisi 17.

Sean yang musim ini memperkuat tim DAMS, berdasarkan data yang dihimpun media di Jakarta, pembalap berusia 23 tahun ini mengalami kendala pada kualifikasi, Jumat (3 Juli) meski pada latihan bebas tampil cukup bagus dengan berada di posisi sembilan.

Masalah sistem elektronik kendaraan dinilai menjadi salah satu penyebab. Meski demikian, hasil kualifikasi di Red Bull Ring dinilai oleh Sean dan DAMS bukan sebuah akhir segalanya. Hal tersebut juga diakui Team Principal DAMS Francois Sicard.

“Setelah masalah di sesi practice, kami mengganti dua onderdil, yaitu pompa hidrolis dan PDU (power delivery unit) untuk membuat aliran intercooler lebih lancar. Namun, ternyata masalah tetap terjadi di sesi kualifikasi sehingga kami mesti mencari tahu masalah yang sebenarnya,” kata Francois Sicard seperti dikutip Tempo.co.

“Ini benar-benar pukulan buat kami karena selama empat tahun mobil kami tidak pernah mengalami masalah, terutama di sesi kualifikasi! Ini sangat mengecewakan bagi Sean dan tim.” katanya menambahkan.

***

Legenda Bulu Tangkis Lin Dan Pensiun

Legenda bulut dunia asal China, Lin Dan, mengumumkan pensiun pada Sabtu (4/7/2020). Ia mengumumkan keputusannya itu melalui media sosial miliknya, Weibo, sekaligus menyudahi karier gemilangnya selama 20 tahun di tim nasional China.

“Dari 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit mengucapkan ini,” tulis Lin Dan, seperti dikutip Liputan6.com.

Menurut Asosiasi Bulu Tangkis China, Lin Dan telah menyerahkan surat pengunduran dirinya beberapa hari lalu. Mempertimbangkan keinginan pribadi Lin Dan situasi terkininya, tim bulu tangkis nasional China menyetujui keputusan Lin Dan untuk pensiun.

Lin Dan kini telah berusia 37 tahun. Kariernya di kancah bulu tangkis dunia benar-benar bergelimang gelar. Ia dianggap sebagai salah satu tunggal putra terbaik di dunia.

***

Kang Emil: Klub Jabar Selain Persib Juga Boleh Ajukan Tes Covid-19

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat Ridwan Kamil membuka pintu bagi klub sepak bola di Jabar untuk mengajukan permohonan pengetesan. Pihaknya siap memfasilitasi tes tersebut.

“Tidak hanya Persib, tapi semua klub yang akan memulai proses kompetisi (liga) silakan ajukan (permohonan pengetesan), nanti difasilitasi oleh Gugus Tugas provinsi, termasuk Persikabo, Cimahi, dan lainnya,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, seperti dikutip Liputan6.com.

Persib jadi yang pertama menjalani tes. Menurut Emil, pihaknya memfasilitasi pengetesan karena klub berjuluk Maung Bandung ini siap untuk menjalani latihan jelang berlaga di Liga 1.

“Hari ini kami memfasilitasi pengetesan PCR (tes swab) yang diajukan oleh PT Persib Bandung Bermartabat sehubungan pasukan pemain sudah siap untuk latihan,” ujar Emil.

Adapun PSSI mensyaratkan ada rapid test. Namun menurut Emil, lebih baik langsung swab. “Kita fasilitasi supaya 100 persen keluarga besar Persib dan pemainnya bisa melakukan latihan yang akan dimulai pada minggu depan sekitar tanggal 10 Juli,” ucapnya.

***

Kemenpora dan FORMI Siap Jalankan Program Indonesia Bugar 2045

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerjasama dengan FORMI untuk menggelar program Indonesia Bugar 2045.

Program ini bertujuan membuat masyarakat Indonesia sadar akan pentingnya menjaga kebugaran dengan berolahraga. Apalagi di masa pandemi virus corona seperti saat ini, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

MoU program Indonesia Bugar 2045 menjadi langkah strategis yang diambil Kemenpora dan FORMI (Forum Olahraga Masyarakat Indonesia) Pasalnya di FORMI banyak bernaung induk olahraga yang biasa menjadi pilihan masyarakat berolahraga.

MoU sendiri ditandatangani langsung oleh kedua pihak di kantor Kemenpora, Jumat (3/7/2020) kemarin.

“Targetnya melalui olahraga terbangun masyarakat yang bugar, bangsa yang bugar. Jika masyarakat berolahraga teratur dalam jumlah masif, bibit atlet di olahraga prestasi juga akan betambah dan berkualitas,” kata Ketua Umum FORMI Hayono Isman seperti dilansir detikSport.

“Produktivitas masyarakat juga meningkat. Dari survei yang saya terima, contohnya tenaga kerja Vietnam kerja 14 jam belum capek, tenaga kerja Indonesia baru enam jam sudah lelah. Dari situ saja menunjukkan bangsa Indonesia masih belum bugar,” sambungnya.

***

Lazio Dilumat Milan di Kandang Sendiri

Mengandalkan serangan balik, Milan berhasil menjebol gawang Lazio yang dijaga Thomas Strakosha lewat tendangan keras Hakan Calhanoglu dari luar kotak penalti di menit 22.

Milan kembali menggandakan keunggulan di menit 34. Wasit menunjuk titik putih setelah Stefan Radu melakukan handsball saat menghalau crossing Andrea Conti. Zlatan Ibrahimovic yang maju sebagai algojo mampu menaklukkan Strakosha dan membawa Milan menjauh 2-0.

Lazio sempat mengonyak gawang Milan yang dijaga Gianluigi Donnarumma, namun wasit menganulir gol karena Manuel Lazzari sudah berada dalam posisi offside sebelum menjebol gawang Milan.

Gol Milan dicetak oleh Hakan Calhanoglu pada menit 22, Zlatan Ibrahimovic pada menit 36, dan Ante Rebic pada menit 59.

Kekalahan ini membuat Lazio semakin tertinggal dari Juventus yang memuncaki klasemen. Lazio sekarang mengumpulkan 68 poin sedangkan Juve 75 angka. Milan dengan tambahan tiga poin ini naik ke posisi enam menggeser Napoli dengan nilai 46.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *