HIGHLIGHT HARI INI

PON XX dan Perparnas XVI Dapat Mendorong Papua sebagai Destinasi Wisata

Perhelatan olahraga akbar tidak hanya terkait dengan kegiatan fisik, namun lebih dari itu. Sebut saja, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang diselenggarakan di Papua. Keduanya dapat menjadi momentum kampanye Papua sebagai destinasi wisata.

Hal tersebut diakui, Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (BPD PHRI) Papua, Syahrir Hasan.

“Baik PON maupun Peparnas ini membawa perubahan di sisi ekonomi terhadap Papua, dan pelaksanaan keduanya yang membawa kehadiran ribuan mata ke bumi Cendrawasih ini secara tidak langsung menjadikan ajang promosi kepada mereka akan kemajuan Papua, baik dari segi ekonomi maupun pembangunannya,” kata Syahrir kepada InfoPublik.id pada Rabu 3 November 2021.

Banyaknya peserta PON XX dan Peparnas XVI dapat menikmati langsung keindahan Papua dan menceritakan ke masyarakat lebih luas. “Mereka kini bisa melihat sisi lain berupa keindahan alam dan budaya dari Papua secara langsung dan dekat, yang mungkin selama ini lebih banyak disiarkan media hanyalah kabar seputar kejadian yang kurang mengenakkan dari sisi keamanan,” katanya.

**

Komdis PSSI Jatuhi Sanksi Oknum Pengaturan Skor

Komite Disiplin (Komdis) PSSI memberikan sanksi kepada oknum yang terlibat pengaturan skor laga Liga 2 2021 antara Perserang Serang dan RANS Cilegon FC. “Ini perbuatan yang memalukan yang sangat merusak sepak bola Indonesia. Sehingga walaupun tidak terlaksana, kepada mereka semua kami memvonis percobaan suap,” jelas Ketua Komdis Erwin L.Tobing ketika memberikan keterangan pada Rabu 3 November 2021.

Mereka yang mendapatkan sanksi adalah Eka Dwi Susanto, Fandy Edy, Ade Ivan Hafilah, Ivan Juliandhy dan Aray Suhendri. Di antara nama-nama tersebut, Eka Dwi mendapatkan sanksi terberat, yakni 60 bulan larangan beraktivitas, denda sebesar 30 juta, dan 60 bulan larangan masuk area stadion.

Dikabarkan oleh seorang perantara (runner) pengaturan dalam salah satu program televisi swasta nasional pada 3 November 2021, bahwa ada tujuh sampai delapan pemain minta dicarikan bandar judi untuk pertandingan melawan RANS.

“Dua hari sebelum pertandingan RANS melawan Perserang, beberapa kawan menawarkan pada kita, tujuh hingga delapan pemain untuk dicarikan seorang bandar,” kata Sang Runner. Selanjutnya, Sang Runner menyebut salah seorang bandar dari negeri seberang yang melakukan video call untuk negosiasi.

Para pemain akan menerima dana Rp 150 namun gagal karena kode datang 30 menit sebelum pertandingan. Menurut Sang Runner, umumnya satu hari sebelumnya dilakukan pengaturan strategi membahas kode.

Adapun keinginan Sang Bandar agar Perserang kalah 0 – 2 dari RANS pada babak pertama.

**

Timnas Basket Persiapkan Kualifikasi Piala Dunia 2023

Dokumen IBL
Sumber: IBL

Timnas Basket putra segera berangkat ke Los Angeles pada 6 November mendatang guna menjalani pemusatan latihan. Pasalnya tanggal 26 November akan mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2023 di Lebanon.

Manajer Timnas Basket Indonesia, Putra Maulana Fareza Tamrella memberikan keterangan pada konferensi pers di Jakarta, tanggal 3 November 2021.

“Selama di sana kami merencanakan empat kali uji coba dengan empat tim yang kualitasnya di atas kami agar kami bisa lebih banyak belajar,” jelasnya dilansir dari viva.co.id. “Pada 22 November langsung bertolak ke Lebanon menjalani game window pertama Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023,” lanjutnya.

Nantinya di Lebanon, Indonesia akan melawan tuan rumah. Beberapa hari kemudian akan kembali bertanding. “Karena ada satu dan lain hal, pertandingan kedua pada 29 November akan tetap digelar di Lebanon (bukan Indonesia),” jelas Sang Manajer tentang pertandingan kedua yang semestinya Indonesia menjadi tuan rumah.

Sebanyak 12 atlet akan diberangkatkan, termasuk Brandon Jawato dan Lester Prosper. Berikut nama-namanya;

  1. Andakara Prastawa Dhyaksa
  2. Hardianus Lakudu
  3. Widyanta Putra Teja
  4. Abraham Damar Drahita
  5. Arki Dikania Wisnu
  6. Juan Laurent Kokodiputra
  7. Govinda Julian Saputra
  8. Sandy Ibrahim
  9. Vincent Rivaldi Kosasih
  10. Kevin Jonas
  11. Brandon Jawato
  12. Lester Prosper

**

Babak 16 Besar Hylo Open 2021 Segera Digelar

Pertandingan lanjutan Hylo Open 2021 segera digelar pada hari Kamis 4 November 2021 di Saarbruecken, Jerman. Belasan Patriot Olahraga Indonesia akan berlaga pada babak 16 besar tersebut, baik itu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Berikut daftar atlet Indonesia yang akan berlaga pada babak 16 besar;

Tunggal Putra

  • Tommy Sugiarto

Tunggal Putri

  • Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra

  • Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin
  • Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri
  • Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Ganda Putri

  • Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto
  • Nita Violina Marwah/Putri Syaikah

Ganda Campuran

  • Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti
  • Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja
  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
  • Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso

Berikut jadwal pertandingan wakil Indonesia pada babak 16 besar hari Kamis 4 November 2021;

Lapangan 1

  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Callum Hemming/Steven Stallwood (estimasi 16.30 WIB)
  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby (estimasi 17.50 WIB)
  • Tommy Sugiarto vs Angus Ng Ka Long (estimasi 19.50 WIB)
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Tan Kian Meng/Tan Wee Kiong (estimasi 24.00 WIB)

Lapangan 2

  • Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (estimasi 18.55 WIB)
  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Ruben Jille/Ties Van der Lecq (estimasi 20.55 WIB)
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Alexander Dunn/Adam Hall (estimasi 22.05 WIB)
  • Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Natasja Anthonisen/Clara Graversen (estimasi 23.05 WIB)
  • Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso vs Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (estimasi 24.05 WIB)

Lapangan 3

  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Ben Lane/Sean Vendy (estimasi 14.40 WIB)
  • Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Jeppe Bay/Sara Lundgaard (estimasi 15.40 WIB)
  • Nita Violina Marwah/Putri Syaikah vs Ashwini Ponnappa/Reddy N Sikki (estimasi 20.00 WIB)
  • Gregoria Mariska Tunjung vs Yeo Jia Min (estimasi 22.00 WIB)
  • Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Mathias Thyrri/Mai Surrow (estimasi 23.10 WIB)

**

Hasil Liga Champions Eropa

Manchester City memimpin klasemen Grup A, dengan mengantongi 9 poin pasca menang dari Club Brugge di Stadion Etihad, dengan skor 4-1. Tim asuhan Pep Guardiola merebut posisi PSG yang ditahan imbang RB Leipzig dengan skor 2-2.

Di Grup B, Liverpool kokoh di puncak pasca menghajar Atletico Madrid 2 gol tanpa balas di Anfield. Dengan perolehan 12 poin, Liverpool dipastikan melaju ke fase gugur Liga Champions. Rivalnya yang berada di peringkat kedua adalah Porto dengan meraih 5 poin.

Grup C dipimpin oleh Ajax yang meraih 12 poin. Tim asal Belanda tersebut dipastikan lolos ke babak berikutnya. Peringkat kedua Grup C, Borussia Dortmund memiliki 6 poin pasca dikalahkan Ajax dengan skor 3-1.

Real Madrid puncaki klasemen Grup D dengan 9 poin setelah baru saja mengalahkan Shakhtar Donetsk dengan skor 2-1 di Stadion Santiago Bernabeu. Peringkat kedua ditempati Inter Milan yang juta baru menang dari Sheriff dengan skor 3-1. Kini Inter memperoleh 7 poin.

Bayern Munchen kokoh di puncak klasemen Grup E dengan 12 poin. Terbilang jauh dengan peringkat kedua yang baru meraih 6 poin, yakni Barcelona.

Kemudian pada Grup F, Manchester United dan Villarreal memiliki poin yang sama, yakni 7. Selisih poin dengan peringkat ketiga, yakni Atalanta hanya 2 poin. Artinya masih cukup ketat persaingan Grup F.

Tim asal Austria, RB Salzburg memimpin Grup G dengan perolehan poin 7. Diikuti Lille dan Wolfsburg yang masing-masing meraih 5 poin.

Grup terakhir yakni H, dipimpin Juventus dengan 12 poin. Peringkat kedua adalah Chelsea dengan 9 poin.

**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *