Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri akan Tampil Kembali pada Olimpiade Paris 2024

Kabar resmi dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau National Olympic Committee (NOC) Indonesia pada 25 Juni 2024 menyebut Zohri akan mewakili Indonesia dalam cabang olahraga atletik nomor lari 100 meter putra Olimpiade Paris 2024, setelah Zohri mendapatkan satu slot melalui mekanisme Universality Place, sistem kualifikasi khusus yang memungkinkan atlet untuk berpartisipasi di Olimpiade.

“Lalu Muhammad Zohri lolos menjadi wakil Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga Atletik nomor Men’s 100m melalui alokasi Universality Place. Ini merupakan kali kedua Zohri @lalusprinter tampil di Olimpiade setelah Tokyo 2020,” tulis pernyataan resmi NOC Indonesia di Instagram.

Federasi olahraga internasional memberikan kesempatan bagi atlet negaranya untuk tetap bisa bersaing di Olimpiade, dengan syarat atlet memiliki peringkat tertinggi dalam cabangnya.

Sebelumnya, Zohri telah mengikuti berbagai pemusatan latihan (TC) di Amerika Serikat dan berpartisipasi dalam kejuaraan 11th Kinami Michitaka Memorial Athletics Meet di Osaka, Jepang, dengan catatan waktu 10,38 detik. Pada Kejuaraan Taiwan Atletik Open 2024, Zohri berhasil menduduki urutan pertama pada babak final dengan catatan waktu 10,27 detik, namun ia belum memenuhi syarat waktu 10 detik yang dibutuhkan untuk lolos pada kualifikasi Olimpiade Paris.

“Selamat kepada Lalu Muhammad Zohri yang kembali mewakili Indonesia pada Olimpiade, saya berharap Zohri mampu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar mampu memberikan penampilan terbaik pada Olimpiade Paris 2024,” kata Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

“Semoga semangat Zohri selama ini mampu membawanya meraih prestasi gemilang. Zohri merupakan kebanggaan Indonesia, berkat prestasinya, ia mampu masuk Forbes 30 Under 30 Asia,Saya berharap agar Zohri memberikan Indonesia kejutan prestasi,” sambungnya.

“Terima kasih atas kerja keras Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB.PASI) yang dipimpin Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan karena telah berhasil melahirkan atlet berprestasi,” tutupnya.

Adapun beberapa atlet Indonesia yang sudah memastikan tiket Olimpiade Paris 2024 sebelumnya, antara lain;

  • Archery : 4 : Arif Dwi Pangestu (individu putra), Diananda Choirunisa (individu putri), Diananda Choirunisa, Rezza Octavia, dan Syifa Nur Afifah (Tim recurve putri), atlet putra dan putri skor terbaik (beregu campuran)
  • Gymnastic – Artistic : 1 : Rifda Irfanaluthfi
  • Surfing : 1 : Rio Waida
  • Sport Climbing : 4 : Desak Made Rita Kusuma Dewi, Rahmad Adi Mulyono, Veddriq Leonardo, Rajiah Sallsabillah
  • Weightlifting : 3 : Eko Yuli Irawan, Rizki Juniansyah, Nurul Akmal
  • Rowing : 1 : La Memo
  • Cycling – Track : 1 : Benyamin van Aert
  • Badminton : 9 : Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Mixed Doubles), Jonatan Christie (Men’s Singles), Anthony Sinisuka Ginting (Men’s Singles), Gregoria Mariska Tunjung(Women’s Singles), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Women’s Doubles), dan Fajar Alfian/M.Rian Ardianto (Men’s Doubles).
  • Shooting : 1 : Fathur Gustafian
  • Judo: 1 : Maryam March Maharani
  • Athletics : 1: Lalu M.Zohri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *