Pentingnya Dukungan Psikolog Olahraga dalam Meraih Prestasi Atlet: Pendampingan Sport Science KONI Pusat ke Pelatnas PBSI

Oleh: Amallia Andini Saputri, Atika Rifa

Mental juara adalah kunci untuk meraih prestasi maksimal. Dukungan psikologis yang tepat melalui pendampingan psikolog untuk atlet dapat lebih fokus sehingga mampu menampilkan performa terbaik mereka.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat memberikan perhatian besar kepada atlet-atlet Indonesia melalui bidang Sport Science KONI Pusat juga Ikatan Psikolog Olahraga (IPO).

Ketua Bidang Sport Science KONI Pusat Dr. Lilik Sudarwati, menjelaskan pentingnya peran psikolog untuk atlet sebagai langkah membentuk mental juara.

“Pemahaman harus sama, jadi atlet akan bisa perform dengan baik ketika dia berada dalam zona rileks,” kata Dr. Lilik Sudarwati, yang merupakan salah satu pendiri Magister Psikologi Olahraga Universitas Indonesia.

“Peran psikolog tidak hanya ke atletnya saja, tetapi juga ke pelatihnya supaya lingkungan ini nyaman buat anak-anak,” tambahnya.

Dengan kata lain, atlet dan pelatih membutuhkan pendampingan agar membuat lingkungan sesuai harapan. “Jadi, lingkungan itu kita yang harus kita bentuk, adalah lingkungan yang membuat dia rileks.” Tegas Kabid Sport Science KONI Pusat.

Diceritakan juga oleh Dr.Lilik, bahwa Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman rutin memantau kondisi para atlet. KONI Pusat ingin berupaya wujudkan seluruh hal yang mampu mendukung peningkatan kualitas atlet.

Dr. Lilik Sudarwati yang juga sebagai koordinator tim Psikolog Ad Hoc Bulu Tangkis Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, mendampingi atlet putra, Anthony Sinisuka Ginting. Pada kesempatan diskusi dengan bidang Media Humas KONI Pusat di Pelatnas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Anthony S.Ginting mengakui peran penting dari Sport Science KONI Pusat.

“Bersyukur dengan kehadiran Kak Lilik, bukan cuma psikolog. Mungkin sebelumnya ada psikolog, cuman yang saya tekankan yaitu Kak Lilik juga sebelumnya mantan atlet badminton, jadi pasti ada hal-hal yang sama-sama kita rasakan dari sebelumnya,” Jelas Ginting pasca latihan di PBSI Cijantung tanggal 29 Juni 2024.

“Jadi, kalau saya curhat atau tukar pikiran, Kak Lilik juga tahu, – Oh, dia juga dulu merasakan, jadi solusinya mesti apa. – Jadi, ya, sangat terbantu.” Sambungnya.

Dukungan psikologis membantu atlet mengelola stres, meningkatkan kepercayaan diri, dan menjaga fokus selama pertandingan.

Pelatih Ginting, Irwansyah Harry Hartono, juga mengakui pentingnya dukungan psikolog olahraga. “Psikologis ini memang penting banget buat seorang atlet untuk bagaimana mereka menghadapi kejenuhan dan keletihan yang berlebih karena dipacu untuk jadi seorang juara,” jelasnya.

“Jadi, makanya saat-saat seperti itu, perlu banget psikolog ini untuk mengarahkan dan menenangkan juga. Yang penting untuk bagaimana caranya atlet ini bisa lebih rileks.” tegas mantan atlet Sumut.

Oleh karena itu, penting bagi setiap atlet maupun pelatih untuk mendapatkan pendampingan psikologis yang memadai, sehingga mereka dapat tampil maksimal dan meraih juara di setiap pertandingan. Dengan dukungan ini, atlet dapat tampil maksimal dan meraih prestasi yang gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *