Atlet Akuatik Joe Aditya dan Azzahra Permatahani Lolos Olimpiade Paris 2024

Indonesia kembali mencatatkan prestasi di dunia olahraga melalui, dua atlet akuatik Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani. Keduanya berhasil lolos ke Olimpiade Paris melalui kuota Universality Place. Kabar ini diumumkan oleh National Olympic Commitee (NOC) / Komite Olimpiade Indonesia pada 1 Juli 2024 melalui akun instagram.

“Indonesia kembali menambah jumlah kontingen di Olimpiade Paris 2024, Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani menjadi wakil Indonesia dari cabang olahraga renang melalui kuota Universality Place,” tulis NOC Indonesia di Instagram.

Kuota Universality Place merupakan cara khusus yang memungkinkan atlet suatu negara berpartisipasi di Olimpiade.

Bagi Azzahra, ini merupakan kali kedua mewakili Indonesia pada Olimpiade setelah debutnya di Tokyo pada 2020, kala bertanding di nomor 400 meter gaya ganti perseorangan putri. Saat itu Azzahra tuntaskan 400 meter 4 menit 54,54 detik.

Joe sendiri terbukti berprestasi pada SEA Games terakhir. Ia merebut perak SEA Games 2021 Hanoi dan raih dua perunggu SEA Games Kamboja. Tak hanya itu, perunggu juga diraihnya saat 5th Islamic Solidarity Games Konya 2022 pada nomor 4×200 meter.

“Saya mengucapkan selamat kepada Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani yang berhasil memastikan tiket Olimpiade Paris 2024, ini merupakan awal sehingga persiapan sebagai atlet yang mewakili Bangsa Indonesia harus lebih keras lagi agar mampu memberikan penampilan terbaik,” kata Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

“Apresiasi juga kepada Akuatik Indonesia yang dipimpin oleh Bapak Anindya Novyan Bakrie karena berhasil mengantar atlet meraih prestasi. Semoga mampu memberikan dukungan maksimal dalam mempersiapkan atlet berlaga di Olimpiade Paris 2024,” lanjut Ketum KONI Pusat.

Berikut daftar terkini Atlet Indonesia yang Lolos pada Olimpiade Paris 2024:

  • Archery : 4 : Arif Dwi Pangestu (individu putra), Diananda Choirunisa (individu putri), Diananda Choirunisa, Rezza Octavia, dan Syifa Nur Afifah (Tim recurve putri), atlet putra dan putri skor terbaik (beregu campuran)
  • Gymnastic – Artistic : 1 : Rifda Irfanaluthfi
  • Surfing : 1 : Rio Waida
  • Sport Climbing : 4 : Desak Made Rita Kusuma Dewi, Rahmad Adi Mulyono, Veddriq Leonardo, Rajiah Sallsabillah
  • Weightlifting : 3 : Eko Yuli Irawan, Rizki Juniansyah, Nurul Akmal
  • Rowing : 1 : La Memo
  • Cycling – Track : 1 : Benyamin van Aert
  • Badminton : 9 : Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Mixed Doubles), Jonatan Christie (Men’s Singles), Anthony Sinisuka Ginting (Men’s Singles), Gregoria Mariska Tunjung(Women’s Singles), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Women’s Doubles), dan Fajar Alfian/M.Rian Ardianto (Men’s Doubles).
  • Shooting : 1 : Fathur Gustafian
  • Judo: 1 : Maryam March Maharani
  • Athletics : 1: Lalu M.Zohri
  • Akuatik : 2 : Joe Aditya Wijaya Kurniawan, Azzahra Permatahani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *