Pasang Target 20 Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Oleh : Ainun Samidah

Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengirimkan ratusan atlet ke Pekan Olahraga nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara akan digelar 8-20 September 2024. Para atlet diharapkan bisa membawa pulang minimal 20 medali emas.

Ketum KONI NTB, Mori Hanafi menyebut kontingen sudah sangat siap menghadapi PON XXI Aceh-Sumut. Ada 44 cabang olahraga (cabor) yang akan diikuti oleh 250 atlet terbaik yang mewakili NTB.

“Kita sudah pasang target 20 mendali emas di PON XXI Aceh-Sumut. Sampai saat ini, target tidak berubah. Tetap 20 medali emas,” ujar Mori.

Pihak KONI NTB optimis target itu tercapai. Berkaca dari capaian di PON XX Papua, Kontingen NTB mampu meraih 15 medali emas, sehingga target di PON 2024 ini dirasa tidak terlalu berat. Terlebih NTB mengikuti banyak cabor.

“Insyaallah. Harus optimis. NTB pasti bisa,” lanjutnya.

Agar target 20 medali emas tercapai, Mori membentuk satgas yang sudah melakukan pemetaan, dimulai dari program pemusatan latihan daerah (pelatda).

Dari pelatda itu bisa diproyeksikan cabor apa saja yang akan menjadi penyumbang mendali emas bagi NTB. Mulai dari atletik, kemudian bermotor, voli pasir, dance sport, karate, kempo, Mmuaythai, panjat tebing, selancar ombak, tarung derajat dan tinju.

“Dari cabor atletik, sejumlah atlet andalan NTB sekaligus peraih medali emas PON Papua diyakini bisa mempertahankan medali emasnya. Seperti Lalu Muhammad Zohri, Sudirman Hadi, Dian Ekayanti dan Sapwaturrahman. Atletik juga memiliki nomor baru yang berpeluang menghasilkan tambahan medali emas,” jelas Mori Hanafi.

Cabor bermotor ditargetkan berhasil mendapat kembali satu medali emas. Melihat hasil di PON Papua secara mengejutkan bermotor berhasil meraih medali emas.

Pada PON Aceh-Sumut Bermotor ditarget bisa mempertahankan capaiannya. Terlebih atlet yang akan diturunkan tidak jauh berbeda dari PON Papua.

Selain cabor unggulan, NTB diproyeksi mendapatkan medali emas dari cabor dance sport. Ketika kualifikasi PON Aceh – Sumatera Utara, hasil yang didapat atlet dansa NTB sangat bagus.

“Dari PON Papua dansa ini punya peluang emas. Tapi di Papua batal dipertandingkan, padahal atlet NTB sudah lolos Pra-PON,” cetusnya.

Lanjut Mori mengatakan, selain cabor unggulan, sejumlah cabor baru berpotensi menyumbangkan medali emas seperti gateball, kemudian hapkido, hoki, kabaddi dan wushu.

”Yang terpenting atlet tampil maksimal untuk meraih medali tertinggi,” tandasnya.

Sebagai rujukan, pada PON XX Papua 2021, NTB meraih 15 medali emas. Rinciannya, atletik menyumbang 6 medali emas, panjat tebing 2 emas, bermotor 1 emas, voli pasir 1 emas, kempo 2 emas, tarung derajat 1 emas dan tinju 2 emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *