Sulawesi Tengah siap Menghadapi PON XXI Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024  dengan Penerapan Program ‘Sulteng Mas’

Oleh : Syakir Putra Tradia / Mahasiswa Magang Manajemen UI 

JAKARTA – Progres persiapan Kontingen Sulawesi Tengah sudah mencapai fase persiapan matang. Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024. Saat ini KONI Sulawesi Tengah bersama dengan kontingennya, berambisi untuk meningkatkan perolehan medali dan menaikan peringkat Sulawesi tengah di 10 besar. 

“Setelah berakhir PON Papua, dia menginginkan Sulawesi Tengah berada di jajaran 10 besar provinsi di Indonesia,” ujar Armin Amirudin selaku Bendahara Umum KONI Sulawesi Tengah.

Pada PON XXI Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024, Sulawesi Tengah menargetkan minimal 10 Medali Emas. Dengan peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya yaitu di peringkat 29 dengan perolehan 1 medali emas. 

Sulawesi Tengah sendiri, telah mempersiapkan atletnya di cabang olahraga andalan. Seperti Renang, Dayung, Getball, Triatlonth, Balap Motor, Taekwondo, Kick Boxing, Atletik, dan Billiard. Dengan total atlet sebanyak 213 kontingen dan pelatih sebanyak 98 orang. 

“Salah satu atlet andalan kami dari Cabang Olahraga Renang Joe Aditya, kemudian ada Azzahra dengan target 5 medali di Renang,” tutur Armin Amirudi.

Untuk para atlet yang berlaga di PON XXI Aceh – Sumatera Utara, dari KONI Sulawesi Tengah yang bekerjasama dengan pemerintah sudah mempersiapkan bonus dengan nominal yang masih dirahasiakan. 

“Untuk bonus sampai saat ini Pak Gubernur mengatakan ada, tapi kayaknya dia belum sebutkan, mungkin tidak turun dari waktu di PON Papua,” kata Armin Amirudin. 

Harapannya sendiri, dari Armin Amirudin selaku Bendahara Umum KONI Sulawesi Tengah, pada PON XXI Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024, untuk wilayah timur dapat memberikan kontribusi olahraga yang bukan hanya dari tengah ataupun barat. 

Selain itu, KONI Sulawesi Tengah berharap dapat mengimbangi wilayah Sulawesi Selatan dan Utara. Walaupun Sulawesi Tengah sebagai wilayah terbungsu di Sulawesi, tapi wilayah ini memiliki kontingen olahraga yang memumpuni untuk bersaing di kancah Nasional dan Internasional. 

Terakhir Armin Amirudin menambahkan, sejak berakhirnya PON XX Papua Tahun 2021, KONI Sulawesi Tengah dibawah kepemimpinan Ketua Umum M. Nizar Rahmatu, memberikan suatu program yang diberi nama “Sulteng Mas” dan hal ini akan diterapkan di PON XXI Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024. 

“Selama ini, saat mengikuti PON, Sulawesi Tengah selalu berada di zona juru kunci, zona 20 besar,” jelas Armin. “Dia membuat program ‘Sulteng Mas’, beliau mencari studi banding ke Jawa Barat, ke DKI Jakarta,  ke Jogja, dan macam hal lainnya.  Akhirnya ditemukan rumusan bahwa program ‘Sulteng Mas’ harus mencapai target-target yang harus di capai, “ tegas Armin Amirudin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *