Target 25 Emas PON 2024, Kontingen Senam Riau Try Out ke Malaysia

Oleh: Atika Rifa

Riau menargetkan meraih 25 medali emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh – Sumatera Utara (Sumut).

Untuk meraih target tersebut, kontingen Riau melakukan persiapan serius, termasuk try out ke luar negeri seperti cabor senam.

Wakil Ketua III KONI Riau Khairul Fahmi menjelaskan, try out akan berlangsung di Thailand dan Malaysia. Try out tersebut merupakan bagian dari agenda pemusatan latihan daerah (pelatda).

“Mayoritas latihan di Pekanbaru, berikutnya try out di Thailand dan senam di Malaysia, tetapi beberapa cabor yang punya request tertentu mereka ingin dapatkan tempat lebih bagus itu jadi bisa kita akomodir,” ujar Khairul Fahmi.

Pelaksanaan pertandingan cabor senam PON XXI 2024 akan digelar di Sumut. Selama ini cabor senam merupakan andalan Riau dan selalu menjadi lumbung emas. Tahun ini diharapkan senam Riau masih mampu menunjukkan kemampuannya di kancah nasional.

Setelah melalui babak kualifikasi PON atau Pra PON seluruh cabang olahraga, diperkirakan hingga akhir Agustus mendatang Riau akan meloloskan sebanyak 380 atlet, dan 88 pelatih ofisial.

“Kita menginginkan seluruh atlet yang sudah berjuang di babak kualifikasi itu punya kesempatan tanding. Minimal target kita pada atlet pernah merasakan atmosfer kompetisi olahraga tertinggi di negeri ini,” terangnya.

Khairul menambahkan, Riau tidak menargetkan posisi peringkat, tetapi berupaya mendulang medali lebih baik dari sebelumnya.

Pada PON XX Riau hanya memperoleh 21 emas, saat ini Riau punya target yang sudah didiskusikan dengan pengprov cabor sebanyak 25 emas.

Lebih jauh dikatakan Khairul Fahmi, selain berdiskusi dengan Pengprov cabor, pihaknya juga meminta dukungan penuh dari Dispora, terkait dengan bonus atlet. KONI Riau mempersiapkan bonus anggaran sebanyak 2 kali lipat lebih besar dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *