Kirim Atlet Untuk Olimpiade, Kalimantan Barat Yakin Akan Maksimal di PON XXI

Oleh: Deswita Khairina / Mahasiswi Magang Politik UI

Kalimantan Barat (Kalbar) tengah bersiap menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dengan ambisi tinggi. Meski tidak ingin menyebutkan angka target yang spesifik, Kalbar berkomitmen untuk meraih sebanyak mungkin medali di ajang olahraga nasional ini.

“Kami menargetkan sebanyak-banyaknya,” kata Zainal Sarpani, Wakil Ketua I KONI Kalimantan Barat.

Pada PON sebelumnya, pencapaian Kalbar menunjukkan dinamika yang asik. Tahun 2016, Kalbar menduduki peringkat 22 dengan total 30 medali yang terdiri dari 6 emas, 8 perak, dan 16 perunggu. Namun, tahun 2021, posisi Kalbar turun ke peringkat 25 dengan total 14 medali, yakni 3 emas, 5 perak, dan 6 perunggu.

“Kami berharap dapat memperbaiki posisi kami tahun ini. Cabor andalan kami seperti angkat besi, tarung derajat, panjat tebing, dan billiard menjadi harapan utama,” jelas Sarpani.

Khusus untuk cabang olahraga panjat tebing, Kalbar memiliki dua atlet yang telah lolos ke Olimpiade, membuktikan kualitas dan potensi besar yang dimiliki daerah ini.

Selain itu, Kalbar akan mengikuti 33 cabang olahraga dengan mengirimkan 145 atlet yang siap bertanding di dua provinsi, Aceh dan Sumut.

Untuk mempersiapkan diri, Kalbar melakukan try out. “Try out kami di Indonesia karena harus hitungan dengan anggaran, karena kebetulan Kalbar anggarannya cukup kecil dibandingkan Kalimantan lainnya,” katanya menjelaskan.

Diharapkan atlet semakin semangat untuk memenangkan PON nanti ditambah dengan adanya jaminan apresiasi yang akan diberikan kepada atlet yang berprestasi nanytinya.

“Atlet pastinya dapat apresiasi dari KONI Kalbar maupun pemerintah Kalimantan Barat berupa bonus, selanjutnya atlet berprestasi dari Kalbar juga akan kami perbantukan di TNI, Polri, dan PNS juga,” tambahnya.

Dengan semangat tinggi, Kalbar berharap PON XXI akan menghasilkan atlet-atlet terbaik yang tidak hanya mengharumkan nama Kalimantan Barat, tetapi juga Indonesia di kancah internasional.

“Harapan saya PON dapat menghasilkan atlet terbaik untuk Indonesia dan juga Kalimantan Barat. Sudah terbukti dengan adanya perwakilan Kalimantan Barat yang ikut Olimpiade. Intinya saya berharap yang terbaik untuk PON XXI ini,” tutup Sarpani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *