Andik Vermansyah: Stadion Haji Dimurthala Berubah Drastis, Keren Buat Pertandingan PON

Oleh : Suryansyah

Stadion H. Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh telah berubah total. Stadion yang menjadi kebanggaan Persiraja Banda Aceh ini dipermak habis. Jauh berbeda dari aslinya yang terkesan kumuh.

Kini, semua serbabaru. Mulai dari tampilan depan hingga ke dalam. Rumputnya didatangkan dari Jepang. Kursinya dibuat single seat.

Empat tiang penyangga lampu yang terpampang memberi pencahayaan yang terang. Masing-masing tiap menempel 8 lampu. Pun ruang ganti pemain serta toilet dan lainnya diubah menjadi kinclong.

Mantan sepak bola nasional, Andik Vermansyah, mengaku pangling dengan perubahan tersebut. Dia nyaris tak percaya dengan perubahan besar yang terjadi di Stadion H. Dimurthala.

Pesepakbola berusia 32 tahun itu mengungkapkannya ketika tim sepak bola PON Aceh uji tanding dengan Persiraja Banda Aceh, Senin malam, 26 Agustus 2024.

“Terus terang, perubahan sangat besar sekali di Stadion H. Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh ini,” tutur Andik.

Mantan striker Persebaya Surabaya ini mengakui bahwa stadion tersebut kini telah berubah drastis dibandingkan dengan kunjungannya tahun lalu, di mana stadion masih dalam proses renovasi.

Dalam laga uji tanding tersebut, Tim Sepak Bola PON Aceh berhasil mengimbangi Persiraja dengan skor akhir 1-1.

Gol Persiraja dicetak oleh Deri Corfe pada menit ke-45, sementara gol balasan dari Tim PON Aceh diciptakan oleh Refyanshah pada menit ke-71.

Andik juga menambahkan bahwa dengan kualitas stadion yang telah ditingkatkan, permainan para atlet sepak bola di PON XXI nantinya akan semakin menarik.

“Dengan kualitasnya ini, permainan para atlet sepak bola PON akan semakin menarik dan pastinya berjalan lancar,” ujarnya.

Kini, stadion tersebut dinilainya sangat layak untuk digunakan sebagai pertandingan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Seperti diketahui stadion wajah lamanya telah dirubuhkan pada Januari 2024 lalu untuk direnovasi.

Renovasi yang penggarapannya dikeroyok oleh 600 orang pekerja itu hampir rampung. Saat ini sudah mencapai 95 persen lebih.

Penggarapannya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh. Dana yang dihabiskan sekitar Rp70 miliar.

Stadion H Dimurthala akan digunakan untuk pertandingan sepak bola pool B pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 selama 1-10 September.

“Dalamnya sudah hampir rampung. Yang belum finishing bagian depan, repair dan pelepasan baja penyangga tower box,” kata Erwin, pelaksana struktur renovasi stadion.

“Secara teknis tidak ada masalah. Stadion ini sudah bisa digunakan untuk pertandingan saat PON nanti. Kami tinggal membersihkan debu-debu sisa pembangunan,” lanjutnya.

Stadion ini berkapasitas 10.000-12.000 kursi penonton. Tapi, setelah direnovasi hanya bisa menampung sekitar 7.000 penonton.

“Setelah selesai PON, baru rampung 100 persen,” jelas Erwin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *