Tim Bola Voli BHQ Cambodian Resmi Berlatih di Indonesia

Bogor — Opening Ceremony of The Bodyguard Headquarters (BHQ) Cambodian VolleyBall Team Training Camp dilaksanakan pada 1 September 2024 di Sentul, Bogor. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya menerima para atlet dari Kamboja untuk melakukan pelatihan cabang olahraga Voli di Indonesia yang akan dilaksanakan kurang lebih hingga 3 bulan ke depan.

“Saya mengapresiasi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP.PBVSI) karena respon cepat dan positif sehingga program ini dapat diwujudkan bersama” kata Waketum III KONI Pusat Mayjen TNI Purn Andrie Tardiwan Utama Soetarno mewakili Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman. 

KONI Pusat menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Bais, Imigrasi, dan PBVSI yang dipimpin Komjen Pol Purn Drs.Imam Sudjarwo karena mengupayakan program pelatihan ini.

Kerja sama ini bermula dari pertemuan Ketua Umum KONI Pusat Letjen Purn Marciano Norman dengan pimpinan BHQ sekaligus Wakil Panglima Militer Kamboja, Jenderal Hing Bun Hieng. Pertemuan pertama pada 10 Mei 2023 saat SEA Games 2023 Kamboja berlangsung. Pasca itu, mulai ada dukungan untuk tim BHQ. 

Tim Voli BHQ/ Paspam PM Kamboja menjadi juara umum liga voli utama di Kamboja(Techo League 2023), kala diperkuat Patriot Olahraga Indonesia, kepala pelatih Indra Wahyudi Harahap, beserta empat pemain, Dio Zulkifri, Doni Haryono, Luvi Febrian Nugraha, dan I Gede Wira Yudha Putra.

Padahal pada musim sebelumnya, Tim Voli BHQ tidak lolos babak playoff, dan musim 2023 targetkan juara ketiga, namun hasilnya juara.

Kerja sama olahraga seperti ini membuktikan peran salah satu nilai dari olahraga, yaitu persahabatan. Bilateral kedua negara semakin baik diawali dengan kerja sama olahraga. Di sisi lain, dengan adanya kerja sama ini, pemain Voli asal Indonesia dapat berkarier serta menjadi bintang di luar negeri. Dampak lainnya adalah, pembinaan Voli Indonesia menjadi rujukan, dimulai dari Kamboja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *