Menpora Apresiasi Persiapan PON XXI/2024 di Sumatera Utara

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi Pemerintah Sumatera Utara yang telah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut, khususnya di wilayah Sumatera Utara. Apresiasi itu disampaikan dalam konferensi pers di Media Center PON Sumatera Utara, Jumat (13/9).

“Saya sudah berkeliling ke sejumlah venue di Sumatera Utara dan melihat kondisinya sangat baik, meskipun ada beberapa yang belum selesai,” ujar Dito.

Menpora mengunjungi beberapa arena PON, dimulai dari Stadion Utama yang dipersiapkan untuk upacara penutupan, kemudian ke GOR Bola Voli Sumut Sport Center, Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, hingga Medan International Convention Center (MICC) yang akan menjadi tempat penyelenggaraan e-sports.

Dito juga memuji keindahan venue bola voli pantai di Sumut. “Saya mendengar bahwa venue bola voli pantai di Sumut adalah yang paling indah, karena pemandangannya langsung menghadap Danau Toba dan perbukitannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Menpora menegaskan pentingnya menjadikan PON XXI sukses dari segi penyelenggaraan dan prestasi, tetapi juga dari segi administrasi. “Saya apresiasi kerja keras yang telah dilakukan Pemerintah Sumatera Utara untuk PON di wilayah Sumut,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Besar (PB) PON Agus Fatoni mengungkapkan berbagai upaya Pemerintah Sumatera Utara dalam mempersiapkan PON XXI Aceh-Sumut. “Sport center di Sumatera Utara ini termasuk yang terbaik di Indonesia,” ujar Agus. Ia juga menyebutkan bahwa Stadion Madya Atletik telah tersertifikasi dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Demikian pula dengan venue bola voli indoor, meskipun akses jalan di bagian belakang masih dalam proses penyelesaian,” paparnya.

Agus, yang juga Pejabat Gubernur Sumut, menambahkan bahwa PON XXI/2024 di Sumatera Utara melibatkan ribuan sukarelawan. “Jumlah sukarelawan di Sumatera Utara lebih dari 75.000 orang, menjadikannya yang terbanyak di dunia, bahkan mengalahkan Olimpiade, dan kita akan memecahkan rekor,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *