Kontingen “Bumi Pasundan” Lampaui Raihan Seratus Medali Emas

MEDAN – Kontingen “Bumi Pasundan” Jawa Barat menjadi kontingen kedua peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut yang perolehan medalinya melampaui seratus medali emas pada Senin (16/9) sore. Kontingen Jawa Barat telah membukukan 103 medali emas, 103 perak, dan 99 perunggu.

Dengan perolehan medali itu, kedudukan Kontingen Jawa Barat di urutan kedua daftar pengumpul medali sementara PON XXI belum berubah. Posisi teratas masih ditempati kontingen Jakarta, yang membukukan 109 medali emas, 94 perak, dan 90 perunggu. Jawa Timur, yang sempat memimpin urutan teratas, kini masih tetap di urutan ketiga dengan meraih 95 medali emas, 88 perak, dan 87 perunggu. Jatim yang menargetkan meraih medali terbanyak, perolehan medali emasnya masih di bawah seratus dan tampaknya kesulitan menambah kecepatan perolehan medalinya.

Tuan rumah bersama PON XXI, provinsi Sumatera Utara dan Aceh, belum juga beranjak dari posisinya di urutan keempat dan kelima. Kontingen Sumatera Utara membukukan 52 medali emas, 28 perak, dan 61 perunggu, sedangkan Aceh telah meraih 42 medali emas, 36 perak, dan 39 perunggu.

Berdasarkan perkembangan perolehan medali PON XXI sejak Senin pagi hingga Senin sore, agaknya kedudukan kelompok lima besar tersebut belum tergantikan. Perolehan medali mereka terpaut jauh dari lima kontingen di kelompok bawahnya.

Sementara itu, daftar perolehan medali PON XXI urutan kesebelas hingga ke-38 belum mengalami perubahan berarti. PON XXI/2024 ini diikuti oleh 38 kontingen peserta dari 38 provinsi di Indonesia.

PON XXI/2024 yang telah berlangsung sejak 9 September lalu dijadwalkan berakhir pada 20 September mendatang. Menurut rencana, PON XXI akan ditutup secara resmi dalam upacara penutupan di Stadion Utama Sumatera Utara di Kabupaten Deli Serdang pada 20 September mendatang. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *