Berkolaborasi dengan Yayasan Inspire Academy dan KNVB, KONI Pusat Tingkatkan Kualitas Sepak Bola Indonesia dengan Gelar Clinic World Coaches

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat sebagai wadah organisasi pembinaan prestasi olahraga terus melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas pelatih di Tanah Air. Guna mencapai tujuan tersebut, KONI Pusat menggelar program sejak 30 September bekerja sama dengan Yayasan Inspire Academy dan Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB) yang rutin setiap tahun menggelar World Coaches di beberapa negara.

KNVB mendatangkan pelatih profesional asal Belanda Robert Steenbeeke dalam program KNVB World Coaches untuk pelatih pemula.  Program ini ditujukan untuk meningkatkan pembinaan pelatih sepak bola di Indonesia, sehingga prestasi sepak bola dapat terus meningkat, mengingat pembinaan dimulai sejak usia dini.

Pesertanya berasal dari berbagai daerah, mulai Jakarta, Bogor, Bekasi, Medan, dan bahkan Papua. Ada juga yang dari London. Para pelatih yang menjadi peserta mengemban ilmu mulai dari pengajaran teori di Ruang Rapat KONI Pusat hingga praktik lapangan bola C kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

“Program ini diharapkan mampu memberikan dampak signifikan kepada atlet-atlet masa depan Indonesia. Kita terus mengembangkan metode untuk mengantar atlet Indonesia meraih prestasi yang semakin baik,” jelas Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

“Untuk melahirkan atlet menjadi juara, kita butuh pelatih hebat, sehingga perlu untuk kita belajar kepada negara Belanda dalam membina pemain sepak bola. Terlebih sepak bola tidak hanya kemampuan individu namun kita perlu tingkatkan kualitas kerja sama sebagai sebuah tim,” sambungnya saat berkunjung ke lapangan GBK pada tanggal 3 Oktober 2024, didampingi Waketum IV KONI Pusat Vivin Cahyani S.

Menurut salah satu pelatih, program ini sangat membantu dalam peningkatan kualitas pelatihan. “Dengan adanya program ini tentunya sangat membantu ya, khususnya bagi para pelatih yang harus selalu mengembangkan ilmu pembinaan, dan dengan program ini saya jadi punya rencana untuk pelatihan yang akan saya berikan nantinya,” ungkap salah satu peserta KNVB World Coaches.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *