KONI NTB Geber Persiapan PON XXII/2028 demi Hasil yang Semakin Baik

Baru saja Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 selesai, upaya mempersiapkan PON berikutnya sudah dilakukan. Hal tersebut dibahas ketika Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menerima audiensi Ketum KONI Nusa Tenggara Barat (NTB) Mori Hanafi pada 4 Oktober 2024.

Ketum KONI Pusat mengapresiasi semangat NTB untuk mempersiapkan PON XXII/2028. Dalam melakukan persiapan, Ketum KONI Pusat berpesan agar setiap tahun di isi dengan tahapan yang baik dan meyakinkan. Pemerintah Pusat juga berhak diyakinkan terkait persiapan yang berjalan sesuai rencana. Kemungkinan yang paling ekstrem ketika persiapan tidak berjalan baik, adalah pemindahan tuan rumah.

“Tahapan itu harus kita kerjakan, tahapan pertama pada tahun 2024-2025 misalnya masterplan harus sudah ada,” kata Marciano.

Salah satu yang menjadi atensi dari Ketum KONI Pusat adalah venue. NTB-NTT telah terpilih menjadi tuan rumah PON XXII/2028, yang mana salah satu syarat wajibnya memiliki 30% venue standar internasional/nasional.

Ketum KONI Pusat mengarahkan agar tuan rumah kembali melakukan inventaris venue yang ada. Prinsipnya, venue yang sudah ada harus dimanfaatkan, prioritasnya untuk renovasi. Bersamaan dengan itu, dapat dilakukan kesepakatan antar kedua tuan rumah terkait cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Cabor yang akan dipertandingkan di NTB dan NTT, saya persilakan kedua Ketum KONI Provinsi tuan rumah untuk berunding, dan jumlah cabang olahraga jangan terlalu banyak,” tegas Marciano. Pasca disepakati, Ketum KONI Pusat akan menandatangani lokasi perhelatan cabang olahraga. Marciano juga tekankan agar fokus pada cabang olahraga Olimpiade.

Mori dengan optimistis yakin PON akan datang lebih baik. “Kami mendapakan pelajaran berharga dari Aceh-Sumut, kami berusaha untuk bisa lebih baik,” sambungnya sembari meminta asistensi KONI Pusat sedini mungkin.

Berkaitan dengan upaya mempersiapkan PON XXII/2028, Ketum KONI Pusat berharap peran Mori sebagai Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem untuk meyakinkan berbagai pihak untuk turut mendukung PON XXII/2028 NTB-NTT sejak persiapan. Mori sendiri menjadi salah satu representatif masyarakat olahraga prestasi di legislatif, bahkan ia anggota DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) NTB I Pulau Sumbawa dengan suara terbanyak kedua di Pemilu 2024.

Harapannya, kualitas PON semakin baik ke depan. Sukses PON XXI Aceh-Sumut 2024 dapat menjadi patokan. Sukses prestasi, terbukti dengan adanya 113 rekor baru dipecahkan, 85 rekor PON dan 28 rekor nasional. Cabang atletik, akuatik, angkat besi, dan menembak mencatatkan prestasi gemilang dengan kontribusi terbesar.

Tak ketinggalan, ada juga sukses perekonomian. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat peningkatan transaksi keuangan di Aceh selama PON XXI, yakni Rp 18,381 triliun rentang 1-19 September 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *