Berlaga pada PON XXI Aceh-Sumut 2024, Idan Fauzan Pecahkan Rekor Nasional Lompat Galah Putra

Atlet Jawa Barat, Idan Fauzan Richsan, mencetak rekor nasional di cabang olahraga atletik nomor pertandingan lompat galah putra pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Bertanding di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, di Desa Sena, Deli Serdang, Idan berhasil melompat setinggi 5,31 meter, melampaui rekornas sebelumnya atas nama dirinya sendiri pada tahun 2018.

Pada 2018, rekor nasional lompat galah putra diraih Idan dengan lompatan 5,3 meter pada ASEAN School Games (ASG) 2018 di Stadion Mini Atletik Bukit Jalil, Malaysia.

Rekor baru 5,31 meter otomatis juga memecahkan rekor PON yang yang sebelumnya dipegang oleh Teuku Tegar dari Jawa Timur dengan lompatan 5,15 meter di PON XX/2021 di Papua. 

“Senang sekali bisa melampaui rekor yang sudah saya pegang sebelumnya. Ini adalah hasil dari kerja keras dan persiapan panjang untuk PON kali ini,” ujar Idan. “Ke depan semoga saya bisa jauh lebih baik lagi dari hasil yang ini, untuk rekor selanjutnya saya bisa pecahkan lagi,” katanya.

Ketika mewakili Indonesia di kancah dunia, Idan pun kerap mempersembahkan prestasi. Idan sempat meraih perak pada Kejuaraan Junior Asia Tahun 2018 di Gifu, Jepang. Saat pecahkan rekor nasional tahun 2018 di Malaysia, Idan juga meraih medali emas ASG.

Idan menyatakan bahwa persiapannya untuk menghadapi PON XXI 2024 sangat intensif, berlangsung lebih dari setahun. Ia sadar bahwa persaingan akan ketat, terutama karena harus bersaing dengan atlet-atlet senior yang memiliki pengalaman bertanding lebih banyak. Meski demikian, ia tetap berusaha menjaga ketenangan dan fokus pada setiap lompatan.

“Bersaing dengan atlet senior tentu tidak mudah, tetapi sejak awal saya berusaha untuk tetap tenang dan konsentrasi penuh. Fokus adalah kuncinya,” tambah Idan.

Pencapaian Idan di PON XXI 2024 ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Jawa Barat tetapi juga menambah semangat bagi atlet muda lainnya untuk terus berprestasi di kancah olahraga nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *