Peringati HUT ke-54, Pengprov Pordasi Banten Gelar Bakti Sosial untuk Masyarakat

Kuda sedang diperiksa kesehatannya

Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pengprov Pordasi) Banten merayakan hari jadi Pordasi yang ke-54 dengan cara yang positif.

Selain tetap mematuhi protokol kesehatan, mereka juga berbagi manfaat kepada masyarakat dengan menggelar bakti sosial di Rangkasbitung pada Rabu (10/6).

“Sesuai arahan dari PP Pordasi untuk menggelar perayaan hari jadi Pordasi ke 54 di wilayah kerja masing-masing. Untuk itu, Pengprov Pordasi Banten hari ini menggelar bakti sosial di Rangkasbitung dan Serang,” ujar Nadia Marciano, Ketua Pengprov Pordasi Banten.

Kegiatan HUT Pordasi ini diisi dengan pembagian sembako ke masyarakat, pembagian pakan kuda, pemeriksaan kesehatan kuda, dan juga perawatan tapal kuda, serta sumbangan buku-buku bacaan.

Bakti sosial kepada komunitas delman/andong ini didasari oleh kepedulian kepada mereka yang kesulitan di tengah pandemi covid-19. Karena para kusir delman ini juga terkena imbas akibat adanya kebijakan social distancing.

Hal itu membuat penghasilan para kusir delman tersebut turun drastis karena mereka tidak boleh menarik penumpang.

Masalahnya, meski tidak bekerja, biaya sewa untuk kandang kuda tetap harus dibayar. Selain itu, mereka juga harus memberikan makanan kuda-kudanya. Dalam sehari saja, kuda-kuda itu umumnya membutuhkan makanan tiga kali.

“Secara kehidupan sehari-hari memang mereka punya keterbatasan, namun yang membuat kami senang adalah ketika melihat kondisi kuda-kuda mereka yang terlihat segar dan tidak kurus,” kata Nadia.

Luka kuda yang diobati tim kesehatan Pengprov Banten

“Meskipun ada beberapa luka-luka kecil seperti bekas ikatan mereka ke bagian delman namun itu semua bisa diobati, dan di bagian tapal kuda juga telah dilakukan perawatan kuku-kuku dan juga penggantian tapal kudanya,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *