HIGHLIGHT HARI INI

Ketum KONI Pusat Buka Sponsor Gathering PON XX 2021 di Papua

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman membuka Sponsor Gathering Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua. Multi Event yang akan mempertemukan seluruh kontingen provinsi di Indonesia tersebut digelar pada tanggal 2 – 15 Oktober mendatang.

Tak hanya menjadi yang pertama di Tanah Papua yang potensial, namun PON tahun ini akan menjadi momentum Bangsa Indonesia bangkit dari Covid-19. Atlet yang berolahraga dan bertanding dengan penerapan protokol kesehatan ketat dapat memotivasi masyarakat luas bahwa Bangsa Indonesia dapat tetap produktif meski pandemi Covid-19 belum usai.

Strategisnya peran PON Tahun ini perlu didukung banyak pihak. Sebelum membuka secara resmi Sponsor Gathering, Ketua Umum KONI Pusat mengajak seluruh masyarakat mendukung PON XX 2021 di Papua. “Mari kita bersama dukung Gubernur Papua sekaligus Ketua PB.PON XX untuk Papua bisa sukses berjalan,” katanya di Hotel Mulia pada tanggal 29 April 2021 malam.

Marciano tegaskan bahwa kondisi di Papua akan baik. “Situasi yang berkembang sekarang, Insya Allah dapat dikendalikan sebaik-baiknya,” jelas Mantan Kepala BIN.

Di sisi lain, program vaksinasi yang diarahkan presiden sudah dilakukan dengan baik oleh kontingen yang akan ke Papua. “Seluruh peserta dari provinsi-provinsi hampir semuanya sudah divaksinasi,” jelasnya. Masyarakat Papua juga sudah banyak yang mendapatkan vaksinasi. “Ini mendukung kebijakan presiden yang memerintahkan seluruh masyarakat Papua harus divaksin,” tambahnya.

Selanjutnya, baca:

**

Gunakan Teknologi Mutakhir, Keamanan PON XX Dijamin

Ilustrasi drone

Ketua Bidang II PB.PON XX Roy Letlora tegaskan PON XX 2021 yang akan digelar di empat klaster di Papua akan aman. Ia jelaskan akan gunakan teknologi keamanan mutakhir untuk amankan klaster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

“Kami akan memakai drone yang disediakan oleh PB PON untuk pengamanan. Drone ini sebenarnya peralatan militer, kita bantu untuk tim pengamanan kita,” katanya. Menurutnya Drone yang akan digunakan dapat deteksi wajah walau dalam kerumunan dan jarak 3 km. “Kalau orang yang black list atau sedang dicari itu pengamanan sudah punya dan datanya sudah dimasukkan.” Tandasnya.

Selain itu, Roy jelaskan tetap memasang CCTV di setiap venue. Di tambah mengedepankan keamanan berbasis kekeluargaan. “Kita merekrut seluruh anak muda di Papua untuk menjaga keamanan di sana. Jadi keamanan sifatnya persuasif. Jadi konsep kekeluargaan yang kami terapkan,” jelasnya.

**

Founder Dewa United Pimpin Langsung Perencanaan Klub

Dewa United adalah wadah untuk tiga klub di cabor berbeda yakni sepak bola dengan Dewa United Football Club yang akan bertanding di Liga 2, basket dengan Louvre Dewa United Basketball Club yang tengah berjuang plaf-off IBL dan Dewa United Esport dengan target prestasi pada setiap kompetisi yang diikutinya.

Pendirinya, Tommy Hermawan Lo turun tangan dalam perencanaan klub. “Mulai saat ini, saya sendiri yang turun langsung me-review tiga tim ini,” tandasnya. Tak tanggung, Dewa United pun akan menyiapkan infrastruktur untuk pembinaan atlet. “Kami akan membuat dua tempat training camp atau base camp untuk Dewa United, satu yang sudah di isi kita di sana sudah ada lapangan basket, untuk training center,” katanya.

Venue yang akan digunakan juga disiapkan untuk standar internasional. “Kami akan buat lapangan sepakbola berstandar FIFA, (lapangan) basket juga berstandar internasional, kolam renang, dan mess, serta tempat latihan esport,” terangnya.

**

Jadi Duta PON XX, Boaz Absen Latihan di Surabaya

Penyerang Persipura Boaz Solossa yang menjadi duta PON XX Tahun 2021 di Papua hadir pada kegiatan Sponsor Gathering di Hotel Mulia 29 April 2021. Ia tampil untuk meriahkan kegiatan tersebut agar PON XX dibanjiri dukungan sponsor. Di sisi lain, ia absen pemusatan latihan di Surabaya yang dipimpin pelatih Jacksen F. Tiago.

“Hari ini pun tim sedang melakukan uji coba. Saya juga sudah sampaikan ke pelatih dan manajer bahwa saya ada kegiatan 29 April ini dan mereka mengizinkan,” katanya.

Persipura sendiri resmi lolos fase grup Piala AFC 2021 dan tergabung grup H dengan Lion City Sailors, Kedah FA dan Sai Son. Lolosnya Persipura disebabkan dua tim asal Myanmar Shan United dan Hanthawaddy mundur karena kondisi dalam negeri yang tak kondusif.

Alhasil Persipura mendapatkan waktu lebih banyak untuk persiapan. “Sekarang intensitas latihan juga sudah cukup baik dan itu saya serahkan ke pelatih apa yang bisa dilakukan. Intinya persiapan kita lebih baik,” katanya menilai persiapan yang dilakukan timnya.

**

Hasil Liga Europa

Pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa telah digelar pada 30 April dini hari (WIB). Dua wakil Inggris meraih hasil yang berbeda. Manchester United menang besar atas AS Roma 6-2 sedangkan Arsenal kalah dari Villareal 1-2.

Manchester United awalnya kalah 1-2 pada babak pertama. Bruno Fernandes cetak gol di menit ke-9 sebagai gol pertama laga tersebut. 6 menit kemudian, Pogba melakukan hand ball di kotak penalti sehingga Roma dapat menyamakan kedudukan melalui Lorenzo Pellegrini. Pellegrini menjadi pahlawan pada gol kedua karena umpannya, Dzeko berhasil mencetak gol menit ke-34.

Babak kedua, MU mengamuk di kandangnya. Cavani langsung cetak gol pada menit ke-48 kemudian cetak gol kembali menit ke-64. Bruno Fernandes kembali cetak gol keempat MU melalui titik penalti pada menit ke-71. 4 menit berselang, Pogba mengganti kesalahannya pada hand ball di babak pertama dengan sebuah gol. Terakhir, Mason Greenwood cetak gol pada menit ke-86.

Sementara itu, Villareal yang bermain di kandang unggul 2-0 dari Arsenal pada babak pertama. Gol pertama dicetak Manuel Trigeros pada menit ke-5 dan gol kedua dicatatkan oleh Raul Albiol pada menit ke-29.

Pada babak kedua, tendangan penalti Nicolas Pepe memangkas jarak Arsenal menjadi 1-2.

**

Mandalika Satu-satunya Sirkuit Asia yang Masuk WSBK

Sirkuit Mandalika masuk kalender World Superbike (WSBK) 2021. Balapan di Mandalika akan digelar di ujung kalender, tepatnya menjadi yang ke-13. Adapun rencananya balapan digelar pada pada 12-14 November.

Masuknya Indonesia merupakan kebanggaan tak hanya untuk bangsa namun Asia karena menjadi satu-satunya sirkuit di Asia yang masuk ke kalender WSBK tahun ini.

Selanjutnya MotoGP Indonesia direncanakan masuk agenda pada MotoGP tahun depan. Maret 2022 Mandalika akan menjadi lokasi MotoGP tahun depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *