Jalin Kerja Sama Olahraga dengan Paspam PM Kamboja, Ketum KONI Pusat Raih Penghargaan Bintang Kehormatan

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat siap memberikan dukungan pelatihan personel Pasukan Pengamanan Perdana Menteri (Paspam PM) Kamboja dalam bidang bola Voli.

Pembahasan dukungan tersebut dibahas saat Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman diterima Komandan Paspam PM Jenderal Hing Bun Hieng di Markas Paspam PM Kamboja / Bodyguard Headquarter (BHQ) pada tanggal 19 Juni 2024. Itu merupakan kunjungan kedua Ketum KONI Pusat setelah sebelumnya pada 10 Mei 2023.

Rencana dukungan pelatihan yaitu, 40 orang personel Paspam PM akan berlatih selama 3 bulan di pusat pelatihan bola Voli PBVSI Sentul, Bogor. Sebelumnya, dukungan terhadap Tim Voli BHQ terbukti mampu membuat gebrakan.

Tim Voli BHQ/ Paspam PM Kamboja menjadi juara umum liga voli utama di Kamboja(Techo League 2023), kala diperkuat Patriot Olahraga Indonesia, kepala pelatih Indra Wahyudi Harahap, beserta empat pemain, Dio Zulkifri, Doni Haryono, Luvi Febrian Nugraha, dan I Gede Wira Yudha Putra.

Padahal pada musim sebelumnya, Tim Voli BHQ tidak lolos babak playoff, dan musim ini targetkan juara ketiga.

Kerja sama olahraga seperti ini membuktikan peran salah satu nilai dari olahraga, yaitu persahabatan. Bilateral kedua negara semakin baik diawali dengan kerja sama olahraga. Di sisi lain, dengan adanya kerja sama ini, pemain Voli asal Indonesia dapat berkarier serta menjadi bintang di luar negeri. Dampak lainnya adalah, pembinaan Voli Indonesia menjadi rujukan, dimulai dari Kamboja.

Oleh karenanya, Ketum KONI Pusat menerima Penganugerahan Bintang Kehormatan dari Kerajaan Kamboja karena dukungan meningkatkan kualitas SDM Paspam PM Kamboja, dalam hal olahraga, dan juga militer. Penghargaan tersebut diserahkan Hing Bun Hieng saat menerima Ketum KONI Pusat 19 Juni 2024.

Sedikit sejarah terkait hubungan kedua negara, ​Paspam PM Kamboja merupakan salah satu pasukan elite Kamboja yang juga menjalin kerja sama dengan Paspampres RI sejak tahun 2004 hingga saat ini, diantaranya pada saat Ketum KONI menjabat Danpaspampres RI periode 2008-2010 mengirimkan personel Paspampres untuk melatih personel Paspam PM Kamboja.

Tak ketinggalan, Ketum KONI Pusat juga sempatkan berkunjung ke KBRI Phnom Penh dan bertemu dengan Dubes RI Dr Santo Darmosumarto, dan turut mendampingi selama kunjungan Athan RI Kolonel Cpm Moch.Rizal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *