Kejuaraan International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024 Resmi Dibuka

Bertempat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Menpora RI Dito Ariotedjo yang diwakili oleh Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Dr.Surono M.Pd telah resmi membuka kejuaraan International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024 pada 8 Juli 2024.

Sebanyak 4000 atlet dari 7 Negara yaitu Malaysia, Thailand, Kamboja, Brunei, Singapura, Amerika dan Indonesia akan bertanding pada kejuaraan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB. IPSI) Jenderal TNI (HOR) Purn Prabowo Subianto, yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Dr. Ir. H. Teddy Suratmadji, M.Sc, menyampaikan bahwa pertandingan ini merupakan bagian dari persiapan menuju Olimpiade. Pasalnya, sejak beberapa tahun upaya menjadikan Pencak Silat sebagai salah satu olahraga Olimpiade terus dilakukan.

“Pertandingan ini memperingati Road to Olympic jadi diharapkan seluruh atlet bertanding dengan sportif. Kita harus bekerja keras agar Pencak Silat bisa dilaksanakan ekshibisi pada Olimpiade nantinya,” ujar Sekjen IPSI.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman turut hadir pada kegiatan ini menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi semua pihak dalam memajukan Pencak Silat.

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan acara ini.,” kata Ketua Umum KONI Pusat yang didampingi Kabid Kerja Sama Dalam Negeri Mayjen TNI Purn Victor Simatupang.

“Semoga kejuaraan ini dapat menjadi ajang yang tidak hanya mengukur kemampuan para atlet, tetapi juga mempererat tali persaudaraan di antara kita semua,” sambung Marciano menekankan nilai persahabatan dari olahraga.

“Saya harapkan pada kejuaraan International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024 ini bisa menghasilkan atlet-atlet masa depan dan juga menjadi satu ajang yang semakin hari diikuti oleh semakin banyak negara” sambungnya.

Kejuaraan tahun ini mempertandingkan dua kategori, yaitu Internasional Indonesia Student Pencak Silat Open Championship 2024 untuk peserta junior yang berlangsung pada 8-11 Juli 2024, dan Internasional untuk peserta senior yang dilaksanakan pada 12-16 Juli 2024.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di dunia Pencak Silat, termasuk Bapak Pencak Silat Dunia, Mayjen TNI Purn Eddie Marzuki Nalapraya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang bergengsi yang melahirkan atlet-atlet muda berbakat dan mempererat hubungan antar negara peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *