Menang dari Filipina, Timnas Sepak Bola Putra Indonesia Cetak Sejarah

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Timnas Sepak Bola Putra Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 pada Selasa 11 Juni 2024 pada pertandingan Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Gol pertama dicetak oleh Thom Haye pada menit 32 dan Rizky Ridho pada menit 56.

Dengan begitu, Tim asuhan Shin Tae-yong dipastikan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia. Menurut AFC, ada lima tim yang mencoba melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia untuk pertama kalinya, yakni India dan Afghanistan (Grup A), Kirgistan dan Malaysia (Grup D), dan Indonesia (Grup F).

“Meskipun Indonesia (Hindia Belanda) pernah bermain di Piala Dunia 1938, mereka belum pernah masuk babak ketiga kualifikasi dalam format yang berlaku saat ini,” tulis AFC pada keterangan resminya.

Dengan kata lain, Timnas Sepak Bola Putra Indonesia telah berhasil memecahkan rekor, pertama kali karena belum pernah terjadi.

“Selamat kepada Timnas Sepak Bola putra Indonesia, khususnya para atlet, pelatih Shin Tae Yong serta jajarannya, ofisial dan juga Ketum Pengurus Pusat Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PP.PSSI) masa bakti 2023-2027 Bapak Dr.H.Erick Thohir beserta jajaran,” kata Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

“Ini betul-betul terobosan prestasi yang membanggakan, dan juga bersejarah, Terima kasih, apresiasi dan juga penghormatan yang setinggi-tingginya. Semoga prestasi ini dapat memotivasi untuk memberikan penampilan yang lebih baik ke depan,” sambungnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia, khususnya pecinta sepak bola yang telah setia memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia. Kita harus selalu memberikan dukungan penuh kepada Timnas,” tutupnya.

Sebagai catatan:

  • Pada Putaran 3: 18 tim (juara dan runner-up grup ronde 2) dibagi menjadi tiga grup, dengan sistem kompetisi penuh. Dua yang di puncak klasemen akan lolos langsung ke Piala Dunia 2026.
  • Putaran 4: Peringkat ke-3 dan 4 pada ronde 3, dibagi menjadi dua grup (masing-masing tiga tim dan hanya sekali berhadapan). Juara grup lolos ke Piala Dunia 2026.
  • Putaran 5: Runner-up grup ronde 4 akan saling berhadapan pada laga dua leg. Tim yang menang lolos ke Piala Dunia 2026. Tim yang kalah akan bermain di play-off inter-confederation.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *