Bela Aceh pada PON XXI, Fauma Depril Jumra Pecahkan Rekor di PON

Oleh: Deswita/ Tirto

Berlaga di Stadion Madya Atletik Sport Center, Deli Serdang pada 16 September 2024, kontingen Aceh berhasil pecahkan rekor Pekan Olahraga Nasional (PON) yang bertahan sekitar 31 tahun. Adalah Fauma Depril Jumra yang memecahkan rekor cabang olahraga atletik nomor dasa lomba pada PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Dasa lomba melibatkan, lari 100 meter, lompat jauh, tolak peluru, lompat tinggi, lari 400 meter, lari 110 gawang, lempar cakram, lompat gala, lempar lembing dan terakhir lari 1.500 meter.

Atlet kelahiran 24 September 1998 itu, mencatatkan poin 6.952 yang mana memecahkan rekor PON atas nama Julius Uwe asal Papua yang pada 5 September 1993 meraih poin 6.901.

Pada PON XXI, dengan poin tersebut Fauma meraih medali emas, unggul dari peringkat kedua Teuku Tegar Abadi dari Jawa Timur dengan 6.619 dan peringkat ketiga Idan Fauzan Richsa dari Jawa Barat dengan 5.911.

Keberhasilan ini menjadi sorotan penting dalam cabang atletik PON, di mana Fauma menunjukkan ketekunan dan determinasi tinggi. Setiap nomor yang dilombakan menjadi tantangan yang berhasil ia taklukkan dengan catatan impresif, mempersembahkan rekor baru bagi Indonesia.

“Memecahkan rekor PON adalah mimpi yang terwujud. Saya dedikasikan ini untuk semua yang mendukung perjalanan saya,” ungkap Fauma setelah kemenangannya.

Fauma juga berharap pencapaiannya dapat memotivasi atlet muda di Aceh dan seluruh Indonesia untuk terus mengejar prestasi di kancah nasional dan internasional.

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Aceh, Bachtiar Hasan sampaikan bahwa prestasi tersebut adalah buah dari pembinaan dan persiapan yang baik. “Keberhasilan ini bentuk pembinaan yang dilakukan secara total mulai atlet, pelatih dan pengurus,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *