Kontingen Panahan Indonesia Pastikan Empat Atlet Tampil di Olimpiade Paris 2024 

Kabar baik datang dari Panahan Indonesia yang baru berhasil menambah tiket Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, atlet-atlet Panahan Indonesia tampil di nomor individu putra, Arif Dwi Pangestu dan Individu putri, Diananda Choirunisa. Nanti, atlet binaan Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB.Perpani) tampil juga di nomor Tim recurve putri dan beregu campuran (mixed). 

Terakhir, Tim recurve putri Indonesia yang diwakili oleh Diananda Choirunisa, Rezza Octavia, dan Syifa Nur Afifah raih posisi ketiga pada babak eliminasi Hyundai Archery World Cup Stage (AWCS) 3 di Antalya, Turki, Kamis 20 Juni 2024. 

Tim recurve putri Indonesia menempati peringkat 9 dunia dengan total 179,5 poin. Di posisi ke 8 ada India dengan 185 poin. Jepang yang berada persis di atas Indonesia dipastikan tidak dapat mengejar tiket Olimpiade pasca Srikandi raih peringkat 3. Sedangkan peringkat 1-7 dunia sudah pastikan tiket Olimpiade Paris 2024. 

Total poin tersebut diperoleh dari akumulasi empat event yang menjadi momen mencari poin guna tampil di Olimpiade Paris 2024. Keempat event tersebut adalah AWCS 1 2024 di Yecheon, Korea Selatan, AWCS 2 2024 di Shanghai, Cina, World Cup Championship 2023 di Berlin, Jerman, dan AWCS 3 2024 di Shanghai, Cina. 

“Kita patut bersyukur karena kegigihan tim beregu recurve putri Indonesia yang kembali membuka lebar peluang Indonesia untuk mendapatkan medali di Olimpiade Paris. Dengan dua tiket ini, Panahan Indonesia dapat berlaga di kategori individu putra dan putri, beregu putri, dan beregu campuran (mixed) pada Olimpiade Paris nanti,” ujar Ketua Umum PB.Perpani Arsjad Rasjid dilansir dari keterangan resmi Perpani, Kamis.

Beregu campuran akan diperkuat oleh atlet putra dan putri dengan skor terbaik saat penyisihan. 

“Selamat, apresiasi dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para Patriot Olahraga Prestasi Indonesia dari cabang olahraga panahan yang berhasil meraih prestasi atas kerja kerasnya menjalankan program pembinaan dari PB.Perpani,” ujar Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman. 

“Memastikan tampil di empat nomor pertandingan Olimpiade Paris 2024 adalah awal, artinya latihan harus lebih baik lagi agar dapat meraih prestasi maksimal. Saya yakin, tahun ini, prestasi panahan Olimpiade 1988 di Seoul akan terulang,” sambungnya. 

Cabang olahraga yang sudah lolos antara lain:

Archery : 4 : Arif Dwi Pangestu (individu putra), Diananda Choirunisa (individu putri), Diananda Choirunisa, Rezza Octavia, dan Syifa Nur Afifah (Tim recurve putri), atlet putra dan putri skor terbaik (beregu campuran)

Gymnastic – Artistic : 1 : Rifda Irfanaluthfi

Surfing : 1 : Rio Waida

Sport Climbing : 2 : Desak Made Rita Kusuma Dewi, Rahmad Adi Mulyono

Weightlifting : 3 : Eko Yuli Irawan, Rizki Juniansyah, Nurul Akmal

Rowing : 1 : La Memo

Cycling – Track : 1 : Benyamin van Aert

Badminton : 9 : Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Mixed Doubles), Jonatan Christie (Men’s Singles), Anthony Sinisuka Ginting (Men’s Singles), Gregoria Mariska Tunjung(Women’s Singles), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Women’s Doubles), dan Fajar Alfian/M.Rian Ardianto (Men’s Doubles).

Shooting : 1 : Fathur Gustafian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *