Panasnya Persaingan Ketua IPSI Lampung Jelang 25 Juli

Persaingan kandidat ketua Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) periode 2020-2024 makin panas. Dua kandidat yang sudah memastikan bisa maju dalam kancah pemilihan di Musyawarah Provinsi IPSI pada 25 Juli 2020 yang akan berlangsung di Hotel Nusantara sudah jelas.

Persaingan untuk memimpin Cabang Olahraga (cabor) Pencak Silat Lampung memang tampak makin panas, karena dua kubu sama-sama optimis untuk menang. Cabor Pencak Silat Lampung belakangan mengalami penurunan prestasi yang tajam, bahkan dalam kepengurusan periode 2017-2020 Pencak Silat tidak lolos ke PON 2021 di Papua.

Maka dari itu, Hi Faisol Djausal yang pernah memimpin Pencak Silat Lampung beberapa waktu lalu kembali berminat untuk memegang tampuk pimpinan IPSI periode empat tahun kedepan. Faisol mengklaim punya bekal dukungan 16 pemilik suara dari 26 suara yang sah, yaitu IPSI Kabupaten/Kota dan Perguruan, Faisol siap maju menantang rival-rivalnya.

Sementara sampai akhir pendaftaran calon ketua yang secara terbuka sudah ditutup 15 Juli lalu, hanya terdaftar dua kandindat ketua, yakni Faisol Djausal dan Bustami Zainudin.”Yang jelas pendaftaran kami tutup pada 15 Juli lalu. Hasilnya ada dua kandidat yang didukung oleh pemilik suara.

Calon harus didukung oleh 3 pemilik suara sah, baru bisa dicalonkan,” tegasnya. Dia juga menjelaskan, Musprov IPSI yang akan berlangsung pada 25 Juli nanti, akan diikuti oleh dua orang calon yaitu Faisol Djausal dan Bustami Zainudin. Diketahui, Faisol Djausal yang seorang pengusaha itu juga pernah memimpin IPSI periode 2013-2017, sementara rivalnya Bustami Zainudin mantan Bupati Way Kanan yang saat ini menjadi anggota DPD RI wakil dari Lampung, juga pernah menjadi ketua salah satu cabor di Lampung.

Namun angka dukungan yang disampaikan panitia masing-masing calon didukung oleh 11 suara untuk Bustami dan 4 suara untuk Faisol, dimana suara sah pada Musprov nanti adalah 26 suara dari IPSI Kabupaten/Kota dan Perguruan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Musprov IPSI Lampung Yudinal, Selasa 21 Juli 2020 di PKOR Way Halim Bandarlampung. “Pada intinya kami insan olahraga Pencak Silat Lampung, sangat berharap olahraga ini bisa kembali bersinar seperti periode sebelumnya. Bisa tampil di PON bahkan di event-event nasional dan internasional. Semoga pada Musprov nanti dapat terpilih Ketua yang benar-benar mengerti Pencak Silat Lampung,” pungkasnya. (HKLpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *