Pembukaan ISFEX 2024: Bangkitkan Potensi Ekonomi melalui Inovasi Industri Olahraga

Oeh: Amallia Andini Saputri/ Mahasiswi Magang Ilmu Politik UI

Pada hari Rabu, 12 Juni 2024, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letnan Jenderal TNI Purn Marciano Norman membuka Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) bersama Dr. Drs. Yohan, M.si, yang menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Menteri Pemuda dan Olahraga, beserta undangan lainnya. Pameran yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Gading Serpong, Tangerang, ini menjadi pusat perhatian dunia olahraga di Indonesia.

ISFEX 2024 dihadiri oleh berbagai merek fasilitas olahraga dan organisasi olahraga ternama seperti PSSI, Garuda Store, Liga Indonesia Baru (LIB), Indonesian Basketball League (IBL), Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI), Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia, Inbody, Spyros, TJ Sport, dan Datra. Acara ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam mengembangkan dan mempromosikan industri olahraga Tanah Air.

Dalam pidatonya, Dr. Drs. Yohan, M.si, yang mewakili Menpora menegaskan pentingnya memanfaatkan industri olahraga sebagai penggerak utama ekonomi nasional. Ia mengungkapkan bahwa dengan memadukan prestasi olahraga, pariwisata, dan ekonomi kreatif, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan sektor ini guna mendongkrak perekonomian nasional.

Sementara itu, Marciano menyoroti pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak terkait dalam memajukan industri olahraga di Indonesia. Ia menekankan bahwa dukungan kuat dari para pelaku industri serta penggunaan produk dalam negeri adalah kunci utama dalam mengembangkan infrastruktur dan fasilitas olahraga di Tanah Air.

“Mari kita tingkatkan kolaborasi antara Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat dengan seluruh pelaku industri olahraga dan juga semua pemangku kepentingan di bidang olahraga,” ujar Marciano. Ia menambahkan, “Kita harus menjadi tuan rumah untuk kita sendiri,” menekankan pentingnya Indonesia menjadi produsen utama dalam kegiatan olahraga.

Dengan kolaborasi yang berkelanjutan antara KONI Pusat, KONI Nasional, Pemerintah Daerah, dan semua pemangku kepentingan, diharapkan industri olahraga Indonesia dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *