Segera Dibentuk Kembali, Pengprov Pordasi Sulawesi Selatan Langsung Targetkan PON XXI


Masyarakat olahraga berkuda di Sulawesi Selatan memiliki semangat untuk meningkatkan prestasi. Oleh karenanya, mereka berupaya optimalkan pembinaan olahraga berkuda dengan cara membentuk kembali Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sulawesi Selatan sebagai satu-satunya organisasi yang melakukan pembinaan olahraga berkuda.

Dalam rangka membentuk kembali organisasi pembinaan olahraga berkuda, komunitas olahraga berkuda menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) Pordasi Sulsel pada hari ini Tanggal 31 Agustus 2021. Salah satu agenda utamanya adalah memilih Ketua Pengprov Pordasi Sulsel. Saat ini, calon ketua umum hanya satu orang yakni Wakil Ketua DPRD Sulsel, H.Muzayyin.

Jika calon tunggal dapat terpilih secara sah pada Musprov hari ini, maka Pengprov Pordasi Sulsel akan segera ditetapkan PP.Pordasi sebagai anggota baru saat Rakernas 2021.

Upaya mengadakan Musprov untuk membentuk Pengprov Pordasi Sulsel ini dipimpin Ustad Muhammad Ikhwan. Musprov pun didukung oleh berbagai pihak yang hadir seperti Pemerintah Sulawesi Selatan yang diwakili Sekda Dr.H.Hayat Gani, Pangdam Hassanudin yang diwakili Irdam Brigjen TNI Purbo Prastowo, Walikota Makassar Prof. Dr.Ir. Rudi Djamaluddin, Ketua Umum KONI Sulsel yang diwakili Wakabid I Bidang Organisasi Drs.H.Ambas Syam dan juga jajaran Pengurus Pusat (PP.) Pordasi.

Jajaran PP.Pordasi hadir secara virtual dan juga faktual. Ketua Umum PP.Pordasi Triwatty Marciano didampingi Waketum III Mayjen TNI (Purn.) Bambang Hartawan, Sekjen Adinda Yuanita, Wabendum I Osco Olfriady Letunggamu dan Wakabid Publikasi Prama Ika Yuliasari. Adapun jajaran PP.Pordasi hadir secara fisik di Pesonna Hotel, Makassar adalah Waketum II Widodo Edi Sektianto dan Wakabid Hukum Alemina Tarigan.

Ketua Umum PP.Pordasi mengapresiasi upaya komunitas berkuda di Sulsel untuk membentuk organisasi pembina olahraga berkuda. “Selaku Ketua Umum PP.Pordasi, Saya menyampaikan terima kasih atas dedikasi Bapak/Ibu sekalian pada olahraga prestasi khususnya di cabang olahraga berkuda,” ujarnya di awal sambutan yang diberikan secara virtual.

Ketua Umum PP.Pordasi optimis dengan olahraga berkuda di Sulawesi Selatan karena sudah melekat dengan masyarakat sejak lama. “Berkuda merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah lama memasyarakat di wilayah Sulawesi Selatan, khususnya Pacuan Kuda,” katanya.

Kedekatan yang diikuti sejarah masyarakat setempat dengan berkuda juga disampaikan oleh Sekda, Dr.H.Hayat Gani. Menurutnya olahraga berkuda dekat dengan budaya di Sulawesi Selatan. “Patung Sultan Hassanudin, lihat ada kudanya,” ujarnya menjelaskan bahwa kuda sudah melekat dengan masyarakat sejak era perjuangan melawan kolonialisme. “Ini (olahraga berkuda) harus berkibar,” tegasnya.

Tidak hanya memiliki kedekatan dengan masyarakat sejak lama, menurut Triwatty olahraga berkuda sudah berkembang cepat bahkan pada disiplin lain seperti Equestrian, Polo dan Berkuda memanah (Horseback Archery).

Pengprov Pordasi Sulawesi Selatan Diharapkan Berprestasi pada PON XXI

Dengan dekatnya olahraga berkuda dengan masyarakat Sulawesi Selatan serta perkembangan cepat, Triwatty berharap pengurus yang nanti terbentuk akan bahu-membahu meningkatkan prestasi olahraga berkuda. “Sebagai puncak multievent adalah PON dimana pada PON XXI Tahun 2024 akan kembali mempertandingkan cabang olahraga berkuda,” katanya merujuk PON XXI.

Adapun pada PON XXI Tahun 2024 akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara. Olahraga berkuda akan dipertandingkan di kedua provinsi tuan rumah. Aceh akan menjadi tempat pertandingan Pacuan Kuda sedangkan Sumatera Utara akan menggelar pertandingan equestrian.

“Untuk itu Pengprov Pordasi Sulawesi Selatan yang nantinya terbentuk, dapat segera melakukan persiapan dalam rangka meningkatkan pembinaan prestasi olahraga berkuda dalam waktu kurang dari 4 tahun”, sebutnya.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga berharap atlet berkuda Sulawesi Selatan dapat bersaing pada PON XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara. “Semoga atlet kita dapat ambil bagian dalam PON,” kata Hayat Gani sebelum membuka secara resmi Musprov Pordasi Sulawesi Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *