Kepulangan Atlet Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dayung Perahu Naga Asia Disambut Meriah

Tim Nasional (Timnas) Dayung Perahu Naga kebanggaan Indonesia kembali dari Kejuaraan Dayung Perahu Naga tingkat Asia ke-14 (14th Asian Dragon Boat Championship) di Rayong, Thailand dengan status juara umum. Mereka disambut meriah sebagai para Patriot Olahraga Indonesia di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (SHIA), Tangerang, hari Minggu malam tanggal 27 November 2022.

Patriot Olahraga Dayung kebanggaan Indonesia disambut oleh Wakil III Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Drs.Tursandi Alwi, Ketum PB.PODSI (Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Basuki Hadimuljono dan lainnya.

Kontingen berhasil meraih 11 emas dan 1 perunggu dari 15 nomor pada Kejuaraan Dayung Perahu Naga Asia ke-14 yang digelar tanggal 19-20 November lalu. Setelah itu, Timnas langsung ikut kompetisi internasional tahunan Perahu Angsa dan Perahu Panjang (Swan Boat Races and Long Boat Race) di Sungai Chao Phraya, provinsi Ayutthaya, Thailand tanggal 22-26 November 2022. Hasilnya dapat mempersembahkan empat emas dari nomor 12 pedayung nomor 500 meter dan 200 meter, baik putra maupun putri.

Ketum PB.PODSI sampaikan kebanggaannya kepada para atlet Dayung Perahu Naga Indonesia. Ia berpesan agar atlet selalu menjaga kekompakan untuk dapat terus meraih prestasi.

“Mewakili masyarakat olahraga prestasi, KONI Pusat menyampaikan selamat dan bangga atas prestasi para atlet dan pelatih. Terima kasih atas kerja keras Timnas Dayung selama ini, tentunya dengan dukungan PB.PODSI dan juga pengurus provinsi yang telah menjaring serta menyaring bibit atlet juara sejak di daerah,” ujar Tursandi mewakili Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

“Prestasi atlet saat ini telah memotivasi atlet-atlet Indonesia, bahkan cabor lainnya di luar dayung,” sambungnya. “Jadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk berlatih lebih baik, jangan sampai tenggelam dalam euforia,” lanjut pria yang pernah menjadi penjabat gubernur Kalimantan Selatan, Lampung dan Gorontalo.

Senada dengan pesan Waketum III KONI Pusat, manajer tim Edy Suyono sampaikan bahwa prestasi ini tidak boleh membuat terlena. “Kita harus tetap waspada (walaupun berhasil menjadi juara umum), karena tim Cina, calon tuan rumah Asian Games ke-19 di Hangzhou, China, 2023, pasti terus-menerus mempelajari kekuatan Indonesia dan ingin menyapu-bersih medali emas dalam lomba Dayung Perahu Naga di sana,” kata Edy Suyono.

“Kita harus terus mengingatkan para atlet dan pelatih perihal ini, agar tetap waspada,” tambah Budiman Setiawan, Waketum PB.PODSI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *