Kalimantan Timur Optimis Peringkat 5 Besar di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Muhammad Syagil Akbar / Mahasiswa Magang Ilmu Keolahragaan UPI

JAKARTA – Kontingen Kalimantan Timur optimis bakal meraih peringkat 5 besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

Hal ini disampaikan Zulkarnain, Kepala Bagian (Kabag) Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Timur.

“Kami sangat optimis mendapatkan peringkat 5 besar pada PON kali ini, karena kami telah melakukan Training Camp (TC) sejak bulan maret yang lalu,” kata Zulkarnain.

Kalimantan Timur akan menurunkan sekitar 830 atlet dan official di 28 cabang olahraga (cabor) pada PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Zulkarnain menegaskan bahwa olahraga bela diri menjadi unggulan Kontingen Kalimantan Timur pada PON tahun ini.

“Cabang olahraga andalan kita yaitu rata-rata bela diri seperti, gulat, silat, anggar, taekwondo, dan lain-lain, tetapi cabor lain juga kami siapkan untuk mendapatkan medali emas,” terangnya.

Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur menyiapkan bonus senilai Rp 300 juta kepada para atlet yang mampu meraih emas pada PON kali ini.

“Kami telah menghargai satu medali emas sebesar 300 juta,” tegas Zulkarnain.

Zulkarnain juga berharap bahwa pada PON pertama yang diadakan di dua Provinsi berbeda ini, koordinasi antara Pengurus Besar (PB) PON beserta Pemprov setempat bisa maksimal dan juga venue untuk pertandingan sudah harus selesai sebulan sebelum PON dimulai.

“Kita berharap venue dapat selesai sebulan sebelum PON dimulai, serta koordinasi antara PB PON dan Pemprov setempat harus maksimal, sebab ini kali pertama PON diadakan di dua Provinsi berbeda,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *